Malangtimes

Meriah, Ribuan Warga Ramaikan Puncak Perayaan HUT Ke-77 Provinsi Jatim di Bakorwil III Malang

Oct 30, 2022 13:02
Kemeriahan Gebyar Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 di Bakorwil III Malang (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).
Kemeriahan Gebyar Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 di Bakorwil III Malang (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Ribuan warga memadati area Bakorwil III Malang, Minggu (30/10/2022) pagi. Dengan penuh antusias, mereka turut merayakan puncak HUT Provinsi Jawa Timur Ke-77 di Bakorwil III Malang. Hari puncak itu pun diawali dengan aktivitas jalan sehat yang diberangkatkan langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jatim, Benny Sampirwanto.

Usai memberangkatkan peserta, Benny didampingi Kepala Bakorwil III Malang Budi Sarwoto beserta jajaran Forkopimda Malang Raya ikut serta melakukan jalan sehat. Tampak seluruhnya berbaur dan saling bersenda gurau.

Baca Juga : Mengenal Itaewon, Tempat Perayaan Halloween yang Menewaskan 151 Korban 

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.457415b9f0d3181516.jpg

Usai menyusuri titik jalan sehat, seluruh peserta jalan sehat pun kembali memasuki area Bakorwil Malang. Setelah istirahat sebentar, masyarakat dan peserta jalan sehat yang hadir dihibur dengan penampilan menarik dari Drum Band Swara Dirgantara SMK Taruna Nala. Hiburan dilanjutkan dengan penampilan Distra Band.

Unjuk kebolehan yang dilakukan Distra Band sangat menarik antusias peserta yang datang memeriahkan HUT Provinsi Jawa Timur Ke-77 di Bakorwil III Malang. Suara merdu dan lantunan musik dari para musisi berkebutuhan khusus tersebut sukses merebut hati masyarakat. Bahkan, seluruh jajaran pimpinan dan tamu VIP yang hadir ikut serta menari bersama peserta jalan sehat yang memadati area depan Kantor Bakorwil III Malang.

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.444653b657805922b1.jpg

Tak berhenti di situ, keseruan berlanjut saat pengundian hadiah dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jatim Benny Sampirwanto, Kepala Bakorwil III Malang Budi Sarwoto, dan seluruh tamu VIP yang datang. Sepeda gunung yang banyak diidamkan pun berhasil diboyong pulang peserta jalan sehat yang beruntung.

Bukan hanya acara hiburan di depan panggung, semarak HUT Ke-77 Provinsi Jatim di Bakorwil III Malang itu pun semakin meriah dengan kehadiran Pasar Pangan Murah yang sudah dibuka sejak Sabtu (29/10/2022) kemarin. Tampak para peserta jalan sehat mengunjungi beragam stan yang menawarkan olahan khas Jawa Timur dan produk UMKM lainnya seperti fashion hingga kerajinan tangan, dan produk pangan lainnya.

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.45-1ea9536ec5cf02e0b.jpg

Ditemui di sela-sela acara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jatim, Benny Sampirwanto mengungkapkan, rangkaian HUT Provinsi Jatim Ke-77 yang digelar di Bakorwil III Malang ini menjadi salah satu wujud upaya pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bakorwil Malang. Karena ada manfaat pada sisi ekonomi, di mana penjual bisa jualan produknya. Kemudian dari segi budaya juga mendekatkan lingkup Bakorwil dengan masyarakat. Mewakili bu Gubernur kami berikan apresiasi kepada kepala Bakorwil III Malang," terang Benny.

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.47e8a7850498efdbf0.jpg

Kepala Bakorwil III Malang Budi Sarwoto menambahkan, Gebyar Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 yang digelar di Bakorwil III Malang ini mengusung semangat Optimis Jatim Bangkit. Sehingga, serangkaian acara yang digelar inj disemangati oleh empat rasa optimisme yaitu Optimis Bangkit dalam Pemulihan Ekonomi, Optimis Bangkit dalam Ketenagakerjaan, Optimis Bangkit dalam Pengentasan Kemiskinan, serta Optimis Bangkit dalam Pembangunan manusia. 

"Serangkaian acara yang kami gelar ada pasar murah hingga layanan punlik. Ini diharapkan bisa memberdayakan kembali ekonomi masyarakat pasca keterpurukan pandemi covid-19," terang Budi.

Antusias masyarakat mengikuti serangkaian acara yang digelar itu menurutnya sangat luar biasa. Setiap stan mampu menarik perhatian masyarakat dan melakukan transaksi langsung. Selain pasar murah, layanan kesehatan gratis juga menjadi magnet yang menyedot banyak perhatian. Termasuk layanan bursa tenaga kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan yang mendapat perhatian juga.

Serangkaian acara yang telah digelar mulai dari Lomba Muslim Fashion Thrifting Styles antar SMA/SMK se-Malang Raya hingga Lomba Band oleh SMA/SMK Malang Raya telah merangsang kreativitas para muda-mudi di wilayah Bakorwil III Malang. 

"Dan kami melibatkan teman-teman berkebutuhan khusus yang tadi menghibur dengan penampilan bandnya, ini menjadi wujud pemberdayaan atas kemampuan luar biasa teman-teman kita," terang Budi.

Sementara itu, selain melakukan jalan sehat dan pasar murah, serangkaian acara Gebyar Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 itu juga dilengkapi dengan Penyerahan Bantuan oleh Gubernur Jawa Timur. Diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, paket sembako dan bantuan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga : Masih Tersisa 2 Bulan, Beberapa Sektor Pajak Daerah di Kabupaten Malang Diyakini Bakal Surplus

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.46e4004b323ca99b54.jpg

Paket bantuan yang diserahkan tersebut diantaranya berupa zakat produktif untuk pelaku usaha ultra mikro, bantuan untuk pencegahan stunting dan inovasi barang penting (Bakorwil Malang Peduli Stunting), penyerahan sertifikat halal, dan bantuan bebas pajak untuk driver mikrolet dan driver ojek online.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menjelaskan, pemberian bantuan tersebut sebagai upaya perlindungan sosial yang dilakukan kepada masyarakat kurang mampu. Terutama pada momen HUT Ke-77 Provinsi Jawa Timur dengan mengusung semangat Optimis Jatim Bangkit.

Dia menegaskan, peringatan HUT Ke-77 Provinsi Jatim ini sebagaimana amanah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa harus turut dirasakan oleh seluruh masyarakat Jawa Timur. Sehingga gebyar acara bukan hanya dilakukan di Surabaya saja, tapi dilaksanakan di lima Bakorwil yang ada di Jatim. 

"Sehingga masyarakat bisa merasakan semua secara merata," tegasnya.

WhatsApp-Image-2022-10-30-at-12.55.46-1fc6f48402cd07861.jpg

Dia pun mengapresiasi langkah dan kegiatan yang dilakukan Bakorwil III Malang dalam memperingati HUT Ke-77 Provinsi Jatim. Dengan melibatkan seluruh stakeholder, agenda pertama yang dilaksanakan di Bakorwil III Malang ia harap menjadi acuan serta contoh bagi Bakorwil lainnya.

"Dan keberadaan Bakorwil yang adanya hanya di Jawa Timur ini sangat membantu. Jawa Timur sangat luas dan keberadaan Bakorwil bisa menyentuh langsung daerah-daerah," jelasnya.

Usai memberikan paket bantuan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono didampingi Kepala Bakorwil III Malang Budi Sarwoto beserta jajaran meninjau langsung layanan publik dan Pasar Murah yang digelar di halaman Kantor Bakorwil III Malang.

Sebagai informasi, rangkaian Gebyar Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 di antaranya Pasar Pangan Murah yang dikoordinasi oleh Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan serta didukung oleh  Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perkebunan, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, dan Gelar produk IKM dan UKM. 

Kemudian Lomba Band antar SMA/SMK se-Malang Raya dan Lomba Muslim Fashion Thrifting Styles antar SMA/SMK se-Malang Raya. Selanjutnya jalan sehat, layanan kesehatan gratis, pembagian bibit pohon buah-buahan, layanan administrasi kependudukan, layanan ketenagakerjaan, hingga pelatihan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, dalam Lomba Band antar SMA/SMK se-Malang Raya, perwakilan band dari MAN 1 Malang yaitu Mansanity Band berhasil memborong juara 1. Kemudian juara 2 diraih SMA 1 Lawang yaitu Bear Band, dan juara 3 diraih Mundir Axondiaz yang merupakan perwakilan dari SMA 2 Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru