Malangtimes

PSSI Akhirnya Putuskan Percepat Kongres Luar Biasa  

Oct 29, 2022 11:28
Iwan Bule bersama Komite Eksekutif PSSI mengumumkan bakal segera menggelar KLB.(sumber Youtube PSSI)
Iwan Bule bersama Komite Eksekutif PSSI mengumumkan bakal segera menggelar KLB.(sumber Youtube PSSI)

JATIMTIMES - PSSI akhirnya memutuskan untuk segera menggelar kongres luar biasa (KLB). Kabar itu disampaikan melalui kanal YouTube PSSI yang diunggah pada Jumat (29/10/2022). 

 "Pada malam ini, Jumat (28/10/2022), 19.00 sampai 22.00 WIB di kantor PSSI Jakarta, Executive Committee (Exco/Komite Eksekutif) melaksanaan Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 Exco dan memutuskan untuk mempercepat kongres luar biasa. Pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi," ungkap Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule. 

Dalam pernyataannya, Iwan Bule juga bakal mulai melakukan tahapan verifikasi untuk segera melaksanakan KLB.  "Sesuai bunyi Pasal 34 Ayat 2 Statuta PSSI tentang KLB, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis, maka exco PSSI akan mulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan KLB dalam jangka waktu selambat-lambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai," katanya. 

Namun bukan tiga bulan. Iwan Bule memutuskan mempercepat KLB karena memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya. 

"Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi voters yang mewakili anggota PSSI," jelas Iwan Bule. 

Selanjutnya dijelaskan juga oleh Iwan Bule, PSSI akan berkirim surat kepada FIFA yang berisi pemberitahuan mengenai kongres luar biasa. "Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022." terangnya. 

Diketahui pada Selasa (25/10/2022) lalu Persis Solo dan Persebaya Surabaya mengirim surat ke PSSI buntut dari tragedi Gelora Bandung Lautan Api Juni lalu hingga tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu. 

Surat dari Persis dan Persebaya menuntut dua hal. Yakni KLB dan RUPS LB (rapat umum pemegang saham luar biasa) PT Liga Indonesia Baru untuk membahas kepastian liga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru