Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Bertemu Pedagang Stadion Kanjuruhan, Mendag Dorong UMKM Terapkan Marketplace

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

28 - Oct - 2022, 20:35

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab di sapa Zulhas (rompi biru dongker) saat berbincang dengan beberapa pedagang yang ada di Stadion Kanjuruhan. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim TIMES)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab di sapa Zulhas (rompi biru dongker) saat berbincang dengan beberapa pedagang yang ada di Stadion Kanjuruhan. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online alias marketplace. Hal itu diutarakan Zulhas saat berbincang bersama beberapa pedagang yang ada di Stadion Kanjuruhan, Jumat (28/10/2022).

"Saya juga menyampaikan kepada pelaku UMKM agar menerapkan marketplace," kata Zulhas saat ditemui awak media saat meninjau Stadion Kanjuruhan.

Selain menyarankan kepada para pedagang dan pelaku UMKM yang ada di Stadion Kanjuruhan untuk ber-marketplace, Zulhas mengaku juga akan mempertemukan para pelaku UMKM dengan beberapa pihak.  Salah satunya adalah dengan pihak ritel modern.

Menurut dia, langkah menggandeng pelaku ritel modern dan memasarkan prodak UMKM secara online tersebut perlu untuk dilakukan oleh para pedagang. Termasuk yang ada di Kabupaten Malang.

Tujuannya, di era yang semakin modern, para pelaku UMKM bisa lebih mendapatkan keuntungan jika memasarkan prodaknya melalui sistem marketplace. Sebab, daya jangkau pemasarannya lebih luas.

Selain itu, dengan mengandeng pelaku ritel modern, harga kulak yang diperoleh oleh pelaku UMKM dinilai bisa semakin miring. Alhasil, keuntungan yang didapat juga bisa semakin meningkat.

"Mempertemukan pelaku UMKM dengan ritel modern dan marketplace itu, agar bisa saling bersinergi sehingga bisa maju semuanya," ujar Zulhas.

Sebagaimana yang telah diberitakan, sebelum meninjau Stadion Kanjuruhan, Zulhas beserta rombongan dari Kementerian Perdagangan sempat berkunjung ke Pasar Besar Malang dan PT Molindo Raya Industrial.

Dari beberapa lokasi yang dikunjungi tersebut, Zulhas mengaku ingin memantau harga sembako sekaligus meninjau potensi ekspor yang ada di Malang Raya.

"Saya kunjungan ke Malang tadi untuk melihat harga-harga sembako di Kota Malang, di Pasar Besar. Terus saya juga melepas ekspor ke Thailand, Malaysia, Singapura, Korea ketika di Molindo," tukasnya.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni