Malangtimes

Mensos Risma Kembali Kunjungi Kota Malang, Salurkan Bantuan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Oct 28, 2022 15:51
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko usai menyalurkan bantuan kepada korban tragedi Stadion Kanjuruhan di halaman Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jumat (28/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko usai menyalurkan bantuan kepada korban tragedi Stadion Kanjuruhan di halaman Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jumat (28/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini kembali mengunjungi Kota Malang untuk menyerahkan langsung bantuan uang tunai dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Sosial RI kepada para korban tragedi Stadion Kanjuruhan di halaman Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

Dalam sambutannya, Risma mengatakan, bantuan yang diserahkan pada hari Jumat (28/10/2022) yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini terdiri dari dua jenis bantuan uang tunai. 

Yakni pertama dari Presiden Jokowi sebesar Rp 50 juta untuk masing-masing keluarga korban tragedi Stadion Kanjuruhan yang meninggal dunia dan kedua bantuan uang tunai serta paket sembako dari Kementerian Sosial RI untuk keluarga korban meninggal dunia Rp 15 juta, korban luka berat Rp 5 juta dan korban luka ringan Rp 2,5 juta. 

Mantan Wali Kota Surabaya ini menyampaikan, bahwa bantuan uang tunai maupun paket sembako yang diserahkan kepada para korban tragedi Stadion Kanjuruhan ini niatnya bukan untuk menggantikan nyawa para korban tragedi Stadion Kanjuruhan yang meninggal dunia atau mengganti luka-luka yang diderita oleh korban selamat. 

"Namun ini adalah bukti perhatian Bapak Presiden dan Pemerintah kepada peristiwa Kanjuruhan ini. Karena itu kami juga mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," ucap Risma, Jumat (28/10/2022). 

Menyalurkan bantuan.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan mencoba untuk melakukan assessment terhadap para korban tragedi Stadion Kanjuruhan maupun keluarga korban yang telah meninggal dunia. Hal itu dalam rangka untuk tindaklanjut penyaluran bantuan dari pemerintah. 

"Kami akan menindaklanjuti dengan memberikan sesuatu yang mungkin nanti akan kita perdalam kebutuhan untuk membantu meringankan keluarga korban terutama yang ditinggalkan," terang Risma. 

Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini juga mengatakan, bahwa penyaluran bantuan terhadap para korban tragedi Stadion Kanjuruhan merupakan tugas pokok dan fungsi dari Kementerian Sosial RI. 

Pihaknya berharap, setelah ini tidak ada lagi kejadian serupa seperti tragedi Stadion Kanjuruhan yang telah menewaskan 135 orang di Indonesia bahkan didunia. "Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang kembali di mana pun, tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia," tandas Risma. 

Sebagai informasi, dalam kegiatan penyaluran bantuan untuk korban tragedi Stadion Kanjuruhan oleh Kementerian Sosial RI di halaman Kantor Kecamatan Lowokwaru kali ini diperuntukkan bagi 55 warga Kota Malang dan dua dari Kabupaten Malang.

Di mana untuk dua orang dari Kabupaten Malang mewakili pihak keluarga korban yang meninggal dunia berasal dari Kecamatan Sumberpucung dan Kecamatan Dampit. 

Turut mendampingi dalam kegiatan penyaluran bantuan korban tragedi Stadion Kanjuruhan yakni Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif, Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Prayitno, dan Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru