Malangtimes

Kronologi Lion Air Gagal Terbang dan Kembali ke Bandara Soekarno Hatta

Oct 28, 2022 07:41
Kronologi Lion Air return to base (foto dari internet)
Kronologi Lion Air return to base (foto dari internet)

JATIMTIMES - Lion Air harus kembali ke Bandara Soekarno dan membatalkan penerbangan JT330 rute Jakarta-Palembang kemarin, Rabu (27/10/2022). 

Hal itu disebabkan adanya gangguan mesin pada pesawat yang mengeluarkan percikan api saat pesawat berada di udara ketinggian 3.000 kaki.

Disampaikan oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, pihak Lion Air hingga saat ini masih melakukan pengecekan dan investigasi pada permasalahan pesawat tersebut.

"Saat ini masih proses investigasi dan pengecekan. Lion Air tidak dapat berspekulasi," ujar Danang Kamis (27/10/2022).

Lebih lanjut Danang menceritakan kronologi Lion Air return to base. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK itu lepas landas pukul 17.13 WIB kemarin. Sebelum itu, pesawat dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check).

Kemudian, proses penanganan operasional, layanan penumpang, dan kargo di darat selesai, pesawat lepas landas dengan membawa enam orang kru dan 169 penumpang.

Kemudian, Danang mengatakan bahwa fase mengudara berjalan normal dan pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

Namun kejanggalan mulai dirasakan pilot saat pesawat sudah berada di ketinggian 3.000 kaki. Pilot merasakan adanya salah satu komponen mesin yang tidak sesuai dengan semestinya.

"Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," ujar Danang.

Karena merasa ada yang tidak beres dengan pesawatnya, akhirnya pilot memutuskan untuk return to base demi keselamatan semua penumpang. 

Pendaratan darurat berhasil dilakukan tanpa ada insiden lanjutan pada sekitar pukul 17.46 WIB.

Setelah pesawat berhenti dan terparkir dengan sempurna, semua penumpang diminta untuk turun dan diarahkan ke ruang tunggu.

Sebagai gantinya, pihak Lion Air menggantikan pesawat lain untuk menerbangkan para penumpang yang terganggu perjalanannya saat ikut dalam pesawat JT330 itu.

Penerbangan para penumpang pun akhirnya dilakukan dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP.

"Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pukul 20.20 WIB," ujar Danang.

Atas kejadian tak terduga itu, pihak Lion Air meminta maaf kepada seluruh penumpang yang sudah merasa tidak nyaman dengan adanya kejadian tersebut.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," pungkas Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru