Malangtimes

Pencuri Kabel KAI yang Viral Ditangkap Polisi, Berkat Laporan Warga

Oct 28, 2022 06:56
Pencuri kabel milik KAI yang videonya viral beberapa lalu akhirnya berhasil ditangkap polisi (foto dari internet)
Pencuri kabel milik KAI yang videonya viral beberapa lalu akhirnya berhasil ditangkap polisi (foto dari internet)

JATIMTIMES - Pencurian kabel milik PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya, Jawa Timur, akhirnya berhasil ditangkap polisi.

Pelaku pencurian kabel ini ditangkap di rumahnya di kawasan Tambak Surabaya, Jawa Timur.

Ia ditangkap beserta barang bukti berupa sepeda motor serta kabel sepanjang 180 meter senilai Rp 30 juta.

Kabel yang dicuri sangat vital karena bisa membahayakan komunikasi perjalanan kereta api dari stasiun ke penjaga perlintasan.

Pelaku yang videonya viral di semua sosial media itu ternyata juga seorang residivis. Hal itu diungkapkan oleh Iptu Aldhino Prima, Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya.

Lebih lanjut Iptu Aldhino Prima juga mengatakan pelaku hanya bisa pasrah saat diinterogasi polisi karena polisi sudah mengantongi semua bukti pencuriannya.

“Setelah melakukan penyelidikan dan mendapatkan petunjuk, langsung tim Jatanras menangkap pelaku di rumahnya,” ujarnya.

Saat penggeledahan, Aldhino mengatakan menemukan motor PCX berwarna putih yang viral beberapa lalu. Aldhino juga mengatakan pelaku akan dijerat pasal 362 KUHP dengan hukuman 6 tahun penjara.

“Atas perbuatannya MS dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 6 tahun penjara” ungkap Aldhino.

Video viral

Sebelumnya, aksi pencurian kabel tersebut viral di media sosial usai diunggah oleh akun @anitasaridesiyanti.

Dalam video sebelumnya, Pria tersebut turun dari motor PCXnya kemudian berjalan menuju mobil pik-up yang terparkir di tepi jalan. Ia kemudian mengambil gulungan kabel tersebut.

Aksi pencurian itu diketahui oleh petugas KAI dan direkam. Dalam rekaman itu, pelaku tak takut meski diancam akan laporkan polisi, bahkan ia sempat mengancam akan membunuh pria yang merekam aksinya itu.

Mendengar akan dilaporkan polisi, pria bermotor PCX itu kemudian menyebrang dan menghampiri petugas KAI yang berada di seberang jalan dan mengancam akan membunuhnya. 

Beruntungnya saat ia akan melancarkan aksinya, ada petugas Satpol PP yang datang dan mengejar pria bermotor PCX putih itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru