Malangtimes

5 Tahun Terakhir Hadirkan 4 Cabor, Prestasi Atlet Kota Batu Makin Cemerlang

Oct 26, 2022 19:36
Atlet Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia Kota Batu saat berada di atas podium Poprov Jatim VII.
Atlet Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia Kota Batu saat berada di atas podium Poprov Jatim VII.

JATIMTIMES - Dalam 5 tahun terakhir yakni 2018-2022 ada 4 cabang olahraga (cabor) yang masuk dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu. Dengan bertambahnya 4 cabor ini, KONI Kota Batu menaungi 36 cabor.

36 Cabor itu terdiri dari 3 cabor fungsional dan 33 Cabor prestasi. Tambahan 4 cabor yakni, Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia (IODI), Arung Jeram, Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin), dan Electronic Sports (Esports).

“4 cabor tersebut telah dikukuhkan,” ungkap Ketua KONI Kota Batu, Mahfud. Meski pendatang baru, jangan salah sejumlah prestasi telah dibuktikan.

IODI yang telah meraih prestasinya saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII tahun 2022. IODI mengumpulkan 3 medali, 1 medali perak dan 2 perunggu. Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan.

“Kami bersyukur, karena di Porprov kemarin Cabor Dance mampu melebihi target yang ditetapkan. Semoga keberhasilan ini bisa memotivasi bagi Cabor baru lainnya dan bisa mendapatkan prestasi maksimal,” ucap Mahfud, Rabu (26/10/2022).

Tidak hanya itu saja, untuk prestasi KONI periode tahun 2018-2022 juga mengalami peningkatan. Dalam Porprov Jatim VII tahun 2022 Kota Batu mencapai target yang diinginkan bahkan melebih dari target. Yakni dengan meraih 11 medali emas dari 10 emas yang ditargetkan.

Dengan keseluruhan perolehan 42 medali yang diraih rinciannya, 11 medali emas, 20 medali perak, dan 11 medali perunggu. Perolehan medali itu didapatkan dari 12 cabang olahraga (Cabor) dari 27 cabor yang ikut Porprov VII Jatim.

12 cabor itu yakni terbanyak dari wushu sebanyak 9 medali. Lalu 4 medali dari cabor tinju, gulat, dan paralayang. Selanjutnya cabor selam dan tarung derajat mendapatkan 4 medali.

Kemudian ada cabor dance sport mendapatkan 3 medali. Catur meraih 2 medali. Ada jujitsu yang juga mendapatkan 2 medali dan menembak, balap sepeda, biliar meraih 1 medali.

Jumlah itu jauh lebih tinggi diraih dibanding pada tahun 2019 silam hanya 26 medali. Dengan rincian, 5 medali emas, 9 medali perak, dan 12 medali perunggu. “Artinya ada peningkatkan perolehan medali dan cabor yang ikut,” tutup Mahfud yang pernah menjabat sebagai Sekretaris KONI Kota Batu ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru