Malangtimes

Viral, Motor Dinas Polisi Langgar Marka Jalan di Pemberhentian Lampu Merah 

Oct 26, 2022 12:14
Screenshoot video yang memperlihatkan motor dinas polisi melanggar marka jalan
Screenshoot video yang memperlihatkan motor dinas polisi melanggar marka jalan

JATIMTIMES - Beredar video yang mencuri atensi warganet. Seorang anggota polisi yang melanggar lalu lintas dengan berhenti di depan zebra cross atau garis penyebarangan jalan. 

Motor dinas bernomor pelat 6876-15 yang dikendarai anggota polisi itu nampak sedang menunggu lampu merah di depan zebra cross.

"Peraturan itu dibuat untuk dilanggar, bukankah begitu saudaraku? semangat bapak kerjanya," tulis akun @CaritoKunyik pengunggah video, seolah menyindir polisi. 

Sontak warganet banyak yang beri komentar dalam video tersebut. 

"Polisi mah bebas dong," @Linta**. 

"Kasih contoh itu yang benar to pak," @PakdheMantr**. 

"Orang sipil disuruh di belakang Marka,"@toureastja**. 

Diketahui, sesuai aturan tentang lalu lintas, stop line atau garis berhenti sejatinya melintang sebelum zebra cross. Namun masih saja banyak yang melanggar aturan tersebut. 

Jadi saat berhenti menunggu lampu merah, posisi kendaraan harus berada dibelakang stop line. Bukan malah di depan zebra cross. 

Jika nekat melanggar stop line, harusnya bisa kena denda sesuai yang tertulis dalam UU No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Pada pasal 287 ayat (1) dituliskan bahwa pengemudi yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas atau marka jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru