Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kemendikbud: Membangun Ekosistem Pendidikan yang Layak dengan Pelibatan Publik

Penulis : Arasy Pradana - Editor : Redaksi

10 - Jan - 2016, 17:07

Anies Baswedan, Kemendikbud Republik Indonesia. (Foto: beritasatu)
Anies Baswedan, Kemendikbud Republik Indonesia. (Foto: beritasatu)

MALANGTIMES – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menerbitkan laporan tahunan yang memuat ulasan atas pencapaiannya selama setahun terakhir.

 Di bawah kepemimpinan Anies Baswedan, Kemendikbud mengusung  semangat “Membentuk Insan dan Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter” sebagai visi besar dalam penyusunan program-programnya.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Dalam sambutannya, Anies mengungkapkan bagaiman terma ekosistem mensyaratkan adanya kerja gotong royong antar tiap pelaku di dalamnya, dimana pemerintah turut berperan.

Dengan demikian, penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan menjadi tanggung jawab yang dibagi.

“Semua orang (atau pelaku) diandaikan berpartisipasi secara luas dalam segenap aspeknya,” tulis Anies.

Sebagai konsekuensinya, diperlukan adanya penyesuaian dalam tataran birokrasi untuk menunjang tercapainya ekosistem pendidikan yang layak.

Sekadar pemulihan administrasi, menurutnya, tidaklah cukup. “Untuk mendorong efektivitas birokrasi lebih jauh, cara terbaiknya adalah membuka luas pelibatan publik.”

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Tantangan lebih besar, lanjutnya, tengah tumbuh di depan mata. Ia menyitir prakira bonus demografi yang akan dicapai Indonesia pada 2035, dengan sebagian besar penduduk produktif di antara total 305,7 juta jiwa.

“Kita perlu menyediakan layanan pendidikan  dan kebudayaan secara lebih luas dan meningkat dengan akselerasi yang kuat, baik dari perspektif mutu maupun akses,” tutupnya. (*)


Topik

Peristiwa Kemendikbud-Republik-Indonesia laporan-tahunan-Kemendikbud Anies-Baswedan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arasy Pradana

Editor

Redaksi