Malangtimes

Longsor di Desa Gunungsari Tutup Akses Jalan Pertanian

Oct 25, 2022 20:00
Rumpun bambu tutup akses jalan Dusun Ngebruk, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (25/10/2022). (Foto: istimewa)
Rumpun bambu tutup akses jalan Dusun Ngebruk, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (25/10/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Bencana tanah longsor karena hujan lebat kembali terjadi. Kali ini longsor melanda Dusun Ngebruk, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (25/10/2022). Longsor menyebabkan akses jalan menuju lahan pertanian milik warga tertutup. Kemudian juga mengganggu akses menuju kawasan pemakaman.

“Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tanah longsor beserta rumpun bambu menutup akses jalan menuju lahan pertanian dan pemakaman,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Tanah longsor itu dengan diameter panjang 15 meter, tinggi 8 meter, dan lebar 2 meter. Terlihat runtuhan rumpun bambu menutup akses jalan yang hanya 2 meter tersebut. Selanjutnya perlu dilakukan kerja bakti pembersihan material longsor. Dan perlu dilakukan pembangunan plengsengan teknis agar tidak lagi tanah longsor.

Tanah longsor tak bisa terhindarkan saat hujan melanda Kota Batu. Terlebih di kawasan Kecamatan Bumiaji, tanah longsor sudah terjadi di beberapa titik. Selain itu, banjir luapan dan lumpur kerap terjadi khususnya saat hujan dengan intensitas tinggi. Alhasil, rumah warga kerap menjadi sasaran banjir luapan.

Karena itu Agung mengimbau kepada warga tetap waspada saat hujan mulai turun. Kemudian bagi yang melintas di kawasan Payung untuk waspada mengingat beberapa kali terjadi longsor disertai pohon tumbang.

“Kami mengimbau kepada pengendara yang melintas di kawasan Payung khususnya untuk waspada terutama saat melintas saat hujan,” imbau Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru