Malangtimes

Kota Batu Catat Nilai Investasi 5 Tahun Terakhir Tembus Rp 10,9 Triliun

Oct 24, 2022 19:16
Bianglala di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Bianglala di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sebagai kota wisata dengan jumlah kunjungan mencapai jutaan orang setiap tahunnya, jelas mengundang investor dari berbagai daerah untuk melakukan investasi di Kota Batu. Di bawah kepemimpinan Dewanti-Punjul lima tahun terakhir, investasi yang masuk mencapai Rp 10,9 triliun.

Rinciannya, pada tahun 2018 invetasi yang masuk sejumlah Rp 393,7 miliar. Kemudian di tahun 2019 langsung meningkat tajam sebesar Rp 1,8 triliun. Sayangnya, di tahun 2020 ada penurunan Rp 928,4 miliar lantaran pandemi Covid-19.

Meski masih pandemi Covid-19, di tahun 2021 kembali meningkat hingga lebih dari tiga kali lipat mencapai Rp 3,1 triliun dan kembali naik di tahun 2022 di triwulan III yang mencapai 4,3 triliun.

Jumlah tersebut ternyata melebihi dari target yang ditetapkan rata-rata per tahunnya sejumlah Rp 450 miliar. Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu, Muji Leksono mengatakan Kota Batu menjadi pilihan para investor menanamkan modalnya.

“Investasi yang masuk di Kota Batu sejak tahun 2018-2022 mencapai Rp 10,9 triliun. Jumlah ini sudah lebih dari target yang ditetapkan rata-rata per tahunnya sejumlah Rp 450 miliar,” ungkap Muji.

Menurutnya investasi yang masuk ke Kota Batu seirama dengan jumlah perizinan yang masuk. Sejak tahun 2018-2022 hingga triwulan III ada 19.482 perizinan yang masuk. Baik melalui Online Single Submission (OSS) dan melalui aplikasi Sicantik.

Lalu tahun 2022 berasal dari dua kategori yakni IUMK (atau Izin Usaha Mikro dan Kecil) seperti perdagangan dan jasa, tanaman pangan, penginapan dan tempat makan kecil dan lainnya mencapai sejumlah 2.000 investor.

Sedangkan Non IUMK (dari pariwisata terdiri dari perhotelan, tempat wisata, restoran, kafe dan lainnya) dari 1.500 investor. Dengan banyaknya investasi yang masuk, akan mendorong percepatan pemulihan perekonomian di Kota Batu pasca pandemi Covid-19.

Supaya saling menguntungkan antara investor dan warga Pemkot Batu telah menyiapkan Perda Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang akhir tahun ini akan segera disahkan. 

“Sebaliknya untuk memberikan keamanan bagi warga Kota Batu juga telah dilakukan pembahasan Perda Ketenagakerjaan,” tutup Muji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru