Malangtimes

Longsor Disertai Pohon Tumbang Terjadi Lagi di Payung Kota Batu, Pengendara Diimbau Berhati-hati

Oct 24, 2022 17:04
Petugas saat membersihkan tanah longsor dan pohon tumbang di Jalan Abdul Manan (Payung) Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Senin (24/10/2022).
Petugas saat membersihkan tanah longsor dan pohon tumbang di Jalan Abdul Manan (Payung) Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Senin (24/10/2022).

JATIMTIMES - Tanah longsor disertai pohon tumbang kembali terjadi di kawasan Jalan Abdul Manan (Payung) Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Senin (24/10/2022). Alhasil arus lalu lintas pun sempat terganggu lantaran kejadian ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, longsor dan pohon tumbang disebabkan hujan disertai angin yang terjadi di kawasan tersebut. Ditambah kondisi akar kayu yang lapuk menyebabkan pohon tumbang.

Selain itu faktor lainnya menyebabkan tanah menjadi labil di kawasan tersebut. “Pohon yang tumbang dengan diameter 50 centimeter dan tinggi 8 meter,” ucap Agung.

Pohon yang tumbang disertai tanah longsor itu menutup sebagian badan jalan dan sempat mengganggu lalu lintas pengendara. Sedangkan, guguran tanah akibat tanah longsor setinggi 7 meter dan lebar 6 meter menutup saluran air.

Mendapati informasi dari masyarakat tim gabungan langsung melakukan pembersihan di lokasi kejadian. “Arus lalu lintas terganggu karena material longsor menutup jalan,” tambah Agung.

Karena longsor yang terjadi menyebabkan saluran air tertutup, sehingga harus dilakukan pembersihan saluran air yang tertutup. “Agar saluran air tidak tersumbat,” ujar Agung.

Di sisi lain lantaran daerah Payung rawan akan tanah longsor dan pohon tumbang saat musim hujan khususnya, sehingga diimbau kepada pengendara yang melintasi jalan tersebut agar lebih berhati-hati saat musim hujan. 

“Imbauan bagi masyarakat supaya berhati-hati saat musim penghujan, karena rawan terjadi bencana khususnya di kawasan tersebut,” imbau Agung.

Sedang, selain longsor dan pohon tumbang, musim hujan ini Kota Batu kerap dilanda bencana banjir luapan, banjir lumpur, tanah longsor, tanah ambles. Sehingga warga diminta untuk terap waspada terhadapa bencana di sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru