Malangtimes

Kasus Covid XBB Sudah Terdeteksi di Indonesia, Bagaimana Gejalanya?

Oct 24, 2022 15:51
Ilustrasi virus covid-19 terbaru XBB. (sumber google)
Ilustrasi virus covid-19 terbaru XBB. (sumber google)

JATIMTIMES - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi kasus subvarian covid-19 baru Omicron XBB di Indonesia. Diketahui, varian XBB ini menyebabkan lonjakan kasus covid-19 yang tajam di Singapura, diiringi dengan peningkatan tren perawatan di rumah sakit.

Sebagai bentuk antisipasi dini, dr Theresia Rina Yunita memaparkan beberapa gejala varian XBB. Menurut dia, gejalanya serupa dengan varian virus corona sebelumnya. 

“Meski cara penyebarannya 2-3 kali lebih cepat daripada varian sebelumnya, gejala yang ditimbulkan XBB umumnya tidak parah,” jelas dr Theresia, seperti dikutip klikdokter.com. Gejala covid-19 umumnya adalah sebagai berikut.  

1. Demam atau kedinginan

2. Sesak napas

3. Batuk

4. Kelelahan

5. Nyeri otot

6. Sakit kepala

7. Kehilangan indra perasa

8. Sakit tenggorokan

9. Hidung tersumbat

10. Diare

11. Mual atau muntah

Sebagai upaya pencegahan, dr Theresia juga meminta agar masyarakat tetap menjaga kesehatan. Utamanya melakukan vaksinasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Gunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak, hindari kerumunan dan batasi mobilitas, ya!," pintanya. 

Beberapa fakta tentang virus covid XBB juga disampaikan dalam laman klikdokter. Keberadaan subvarian Omicron XBB pertama terdeteksi pada Agustus 2022 di India. Setelahnya, varian virus corona ini ditemukan di lebih dari 17 negara, termasuk Australia, Jepang, Bangladesh, Denmark, Amerika Serikat, dan Singapura. 

Menurut penelitian, covid XBB pada dasarnya adalah hasil persilangan antara subvarian Omicron BA.2.75 dan BA.2.10.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru