Malangtimes

FKIK UIN Maliki Malang Gelar Simposium Internasional: The 3rd ANSHAR 2022

Oct 24, 2022 14:58
Gelaran Simposium Internasional dengan tajuk The 3rd Annual Health Symposium on Hajj and Umrah (ANSHAR) 2022 (UIN Malang)
Gelaran Simposium Internasional dengan tajuk The 3rd Annual Health Symposium on Hajj and Umrah (ANSHAR) 2022 (UIN Malang)

JATIMTIMES - Unit Kesehatan Haji Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kembali menyelenggarakan kegiatan bertaraf internasional. 

Kegiatan tersebut, yakni Simposium Internasional dengan tajuk The 3rd Annual Health Symposium on Hajj and Umrah (ANSHAR) 2022 secara daring, Sabtu-Minggu (22-23/10/2022).

Simposium Internasional ANSHAR 2022 FKIK UIN Maliki Malang ini selaras dengan visi Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maliki Malang yang berkomitmen untuk mencetak lulusan dokter dengan keunggulan ilmu kedokteran wisata, khususnya haji. 

Forum ilmiah ini ditujukan kepada dosen, peneliti, mahasiswa, dan pegiat ilmu kesehatan haji, baik dari internal maupun eksternal civitas akademika UIN Maliki Malang. Tujuannya, tentu untuk saling berbagi hasil penilitian terkini terkait permasalahan bidang kesehatan pada penyelenggaraan haji.

Dalam gelaran simposium ini, mengusung tema Heat Emergency on Hajj Pilgrims yang berfokus pada 5 topik. 5 topik tersebut yakni, yaitu pelayanan dan manajemen kesehatan (dokter, perawat, dan apoteker), perawatan kulit yang terbakar sinar matahari (medis, keperawatan, dan farmasi), pengembangan kosmetik/peralatan kesehatan haji dan umrah, ilmu keperawatan dan kefarmasian, serta topik yang berkaitan dengan kesehatan. 

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr M Zainuddin MA juga turut menyapa partisipan yang hadir. Pihaknya menyampaikan, agar simposium ini membawa banyak kebermanfaatan terhadap para sumber daya manusia di FKIK UIN Malang untuk terus lebih berkembang. 

Sehingga, dalam outputnya nanti, FKIK UIN Malang dapat mencetak tenaga - tenaga medis  yang handal, khususnya dalam menangani problem atau permasalahan kesehatan para jamaah haji. 

 "Seminar ini diharapkan dapat mempersiapkan tenaga kesehatan dalam menghadapi permasalahan kesehatan Haji di tahun 2023 mendatang," ujarnya.

Prof Dr dr Yuyun Yueniwati, MKes SpRad (K) Dekan FKIK UIN Maliki Malang juga menyampaikan sambutan. Senada, dengan rektor, pihaknya juga mengharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mempersiapkan tenaga kesehatan yang tentu berkontribusi dalam kelancaran pelaksanaan haji. 

"Selamat datang kepada para partisipan yang mengikuti Simposium Internasional, meskipun secara virtual. Semoga mendapatkan hal-hal yang bermanfaat," jelasnya.

1

Sementara itu dalam Simposium Internasional dengan tajuk The 3rd Annual Health Symposium on Hajj and Umrah (ANSHAR) 2022, juga menghadirkan pembicara seperti Prof Hilman Latief MA PhD, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, dan beberapa keynote speakers, seperti Dr Anas Khan, MBBS MHA SBEM selaku Director General of the Global Center for Mass Gatherings Medicine of Ministry of Health, Saudi Arabia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru