Malangtimes

Tanggapi Larangan Peredaran Sirup, dr Richard Lee Dihujat Netizen

Oct 22, 2022 17:32
dr. Richard Lee berikan tanggapan soal pelarangan obat sirup di Indonesia berujung dihujat netizen (foto dari Instagram @lambegosiip)
dr. Richard Lee berikan tanggapan soal pelarangan obat sirup di Indonesia berujung dihujat netizen (foto dari Instagram @lambegosiip)

JATIMTIMES - Dokter kecantikan, dr Richard Lee memberikan tanggapan soal larangan peredaran sirup oleh pemerintah di Indonesia.

Dalam tanggapannya, dr Richard mengatakan tidak habis pikir dengan obat batuk sirup yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Lebih lanjut ia bertanya-tanya terkait larangan semua sirup tersebut. Ia juga mengaitkan kasus larangan obat sirup itu dengan dirinya yang dari kecil meminum obat sirup hingga saat ini baik-baik saja.

Ia juga mengatakan bahwa anak-anaknya juga mengkonsumi obat batuk namun juga tidak mengalami gagal ginjal.

Kemudian ia juga menjelaskan asal muasal hebohnya pelarangan obat cair di Indonesia itu. Ia mengatakan semuanya berasal dari Gambia. 

Gambia tersebut merupakan kota yang berada di Afrika yang melakukan protes lantaran ada 70 anak meninggal karena gagal ginjal misterius.

 Lebih lanjut ia mengatakan bahwa gagal ginjal tersebut disebabkan oleh obat batuk. Dan sudah ada diidentifikasi ada 4 sampai 5 obat batuk yang diproduksi di India.

Kemudian dr. Richard mengatakan obat tersebut diproduksi di India tapi hebohnya bukan di India melainkan di Indonesia. 

Dr Richard Lee

"Jadi Gambia yang jadi korbannya, India yang produksi dan hebohnya di Indonesia," ujar dr. Richard

Dr Richard juga mengatakan obat-obat dari India tersebut sama sekali tidak beredar di Indonesia. Pelarangan tersebut menurut dr. Richard sangat membingungkan.

Ia juga mengatakan di negara lain seperti Amerika, Inggris dan juga US kasus seperti Indonesia tidak terjadi.

Ia juga mempertanyakan apakah obat Etilen Glikol tersebut hanya berada di Indonesia dan tidak dipakai di Indonesia? 

Mengakhiri tanggapannya, dr. Richard kemudian mengajak masyarakat untuk membahas lebih detail terkait kasus yang tengah heboh di Indonesia ini.

"Yuk kita bahas secara detail," pungkas dr. Richard Lee.

Potongan video terkait tanggapan dr. Richard Lee tersebut dibagikan oleh sebuah akun gosip Instagram @lambegosiip, dimana unggahan tersebut bukan mendapat dukungan warganet malah sebaliknya.

"Hai ko saya mau kasi info nih, dari info yg saya baca dalam obat sirup terdapat senyawa yang berguna untuk mengencerkan obat, kebetulan senyawa ini sedang langka maka digantilah dengan senyawa lain baru baru ini, pokoknya biar lebih jelasnya dari pada berkomentar mending ako baca2 dulu dan tya ke org yg ahli dr pada dr membuat asumsi public, thankyou?saya doakan anak Indonesia sehat semuanya & masalah ini segera teratasi, aamiin," tulis komentar @yolandasyola

"Skincare berbahaya dokter buat heboh giliran ttg anak ga boleh heboh," sahut komentar @rienaayu

"Dokter skincare ini mmg agak" deh?‍♂️td mlm sy smpe konsul ke dokter keluarga, krna terkait ibu yg harus minum Syru utk pengobatan GERD nya. Tyt kata dokter untuk saat ini mmg diusahakan untuk menghindari obat apapun yang berbentuk sirup, bukan hanya obat demam utk anak", jd solusinya y beralih ke obat yg berbentuk tablet/kapsul/puyer. Lebih baik memcegah,drpd terjadi hal" yg tidak diinginkan," tulis akun @mrs.jiphien 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru