Malangtimes

Hari Santri 2022: Manbaul Ulum Malang Komitmen Wujudkan Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Oct 22, 2022 14:08
Gelaran Upacara Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Tahfidz Manbaul Ulum Malang (istimewa)
Gelaran Upacara Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Tahfidz Manbaul Ulum Malang (istimewa)

JATIMTIMES - Santri Pondok Pesantren Tahfidz Manbaul Ulum Malang turut bersemangat memperingati Hari Santri yang jatuh pada Sabtu (22/10/2022). 

Dengan mengusung "Berdaya Menjaga, Martabat Kemanusiaan", semangat hari santri diwujudkan dengan menggelar Upacara Hari Santri. Sebelum upacara, santri juga mengawali hari seperti biasanya dengan ngaji rutin. 

Kegiatan ngaji rutin ba'da subuh diisi oleh Gus Thoriq. Gus Thoriq mengkaji kitab Nurudh Dholam yang merupakan kitab bidang Aqidah. Kitab ini juga merupakan syarakh 'Aqidatul Awam. Ngaji rutin ini dipusatkan di Joglo Welas Asih dengan diikuti oleh semua santri. 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan upacara dalam rangka Hari Santri yang dilangsukan mulai pukul 07.00 di halaman pesantren. Upacara pun disusun sesuai dengan standar Upacara Hari Santri Nasional. 

"Acara ini sangat penting, mengingat hari ini adalah momentum bagi kita sebagai santri untuk bangkit dan berdaya menjaga martabat kemanusiaan," tegas Faisal Hakim, salah satu santri memberikan kesannya setelah mengikuti upacara. Upacara tersebut berlangsung hingga pukul 08.00 kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran makan bersama di Joglo Welas Asih.

Selesai upacara para santri juga melakukan kegiatan berbagi di lingkungan sekitar pesantren. Mereka mendatangi beberapa pedagang kecil dan membagikan beberapa sembako. "Terimakasih banyak atas bingkisannya, semoga santri selalu sehat dan salam untuk Kyai Pesantren," ucap salah seorang Ibu penjual nasi kuning yang lokasinya tidak jauh dari komplek pesantren. 

Kemudian peringatan Hari Santri di Ponpes Tahfidz Manbaul Ulum ditutup dengan tasyakuran dan makan bersama. Dari berbagai kegiatan itu, menunjukkan komitmen santri Manbaul Ulum kedepan, yakni sesuai tema Hari Santri 2022, berdaya menjaga, martabat kemanusiaan. Menjaga martabat kemanusiaan ini sejalan dengan pesan pengasuh Pesantren Manbaul Ulum Malang. 

"Jadilah santri yang bermanfaat, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Bershadaqahlah, maka rezeki tidak akan berkurang, justru akan bertambah," pesan KH. Noor Shodiq Askandar dalam peringatan Hari Santri 2022 ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru