Malangtimes

Polisi Ungkap Motif Rudolf Membunuh Icha yang Jasadnya Ditemukan Terbungkus Plastik

Oct 22, 2022 12:58
Polisi ungkap fakta baru terbunuhnya Icha yang jasadnya ditemukan terbungkus plastik di Pondok Gede Bekasi. (Foto: internet)
Polisi ungkap fakta baru terbunuhnya Icha yang jasadnya ditemukan terbungkus plastik di Pondok Gede Bekasi. (Foto: internet)

JATIMTIMES - Polisi ungkap motif Christian Rudolf Tobing (36) membunuh Ade Yunia Razabani atau Icha (36) yang jasadnya ditemukan terbungkus plastik hitam di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan Rudolf Tobing menyimpan dendam kepada Icha karena dianggap telah mengkhianati pertemanan mereka. Ia kemudian merencanakan pembunuhan tersebut.

"Menurut keterangan tersangka, yang bersangkutan dendam, sakit hati karena merasa dikhianati. Sehingga dia merencanakan pembunuhan itu, jadi tidak ada kekerasan seksual," tutur Hengki Heryadi kepada wartawan, Sabtu (22/10/2022).

Lebih lanjut Hengki mengatakan tidak ada unsur kekerasan seksual yang dilakukan Rudolf pada Icha. "Tidak ada kekerasan seksual, tidak ada," ujar Hengki.

Selain itu, polisi juga mengungkapkan bahwa pelaku sebelum membunuh Icha sempat ingin menyewa pembunuh bayaran dalam menghabisi korban.

"Pelaku sempat pada saat sebelum melakukan pembunuhan untuk membunuh I, pelaku sempat men-searching di internet jasa pembunuh bayaran dan tarifnya," ujar Hengki.

Temuan baru itu ditemukan dari riwayat handphone pelaku yang sebelumnya diperiksa oleh tim penyidik. 

Selain Hengki Haryadi, Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga juga membenarkan adanya hasil pemeriksaan tersebut.

"Jasa itu (pembunuh bayaran) tidak jadi karena menurut keterangan pelaku itu tarifnya terlalu mahal dan pelaku tidak sanggup," tutur Panjiyoga.

Karena tak ada biaya, akhirnya Rudolf mencari jalan lain untuk menghabisi Icha. Kemudian, Rudolf mencari cara di internet perihal cara membunuh korban tanpa suara.

Cara yang ia temukan diinternet itulah yang kemudian ia praktikkan untuk membunuh Icha di apartemen daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Senin (17/10).

"Pelaku men-searching lagi bagaimana cara membunuh orang supaya tidak bersuara. Itu dipelajari selama tiga hari," terang Panjiyoga.️

Sebelumnya, Rudolf berhasil diamankan polisi di Bekasi pada Selasa (18/10/2022) setelah penemuan mayat Ade Yunia Rizabani atau Icha yang jasadnya ditemukan terbungkus plastik hitam di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru