Malangtimes

MTsN 2 Kota Malang Gelar Kirab Budaya di Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Oct 22, 2022 12:51
Kepala Sekolah MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi (membawa bendera) saat memberangkatkan 735 siswa-siswi didampingi para guru dan karyawan dalam kegiatan kirab budaya peringatan Hari Santri Nasional 2022, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Sekolah MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi (membawa bendera) saat memberangkatkan 735 siswa-siswi didampingi para guru dan karyawan dalam kegiatan kirab budaya peringatan Hari Santri Nasional 2022, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Malang menggelar kirab budaya untuk memperingati Hari Santri Nasional 2022. Dalam peringatan Hari Santri Nasional 2022 kali ini, MTsN 2 Kota Malang mengemas dengan rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan peringatan Sumpah Pemuda yang diikuti oleh 735 siswa-siswi. 

Kepala Sekolah MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi menjelaskan, pihaknya menggelar beberapa serangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional 2022. Mulai dari upacara, pembacaan ikrar santri hingga kirab budaya mengelilingi kawasan MTsN 2 Kota Malang. 

Peringatan Hari Santri 2022.

Subhan menuturkan, serangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2022 ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme para siswa-siswi dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Kita memang mengusung tema mencetak generasi Islami yang mencintai NKRI. Sehingga banyak hal yang kita laksanakan itu kegiatan-kegiatan yang mengacu pada prinsip itu," ungkap Subhan kepada JatimTIMES.com, Sabtu (22/10/2022). 

Dalam pantauan JatimTIMES.com, prosesi upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 yang digelar oleh MTsN 2 Kota Malang berlangsung khidmat. Dalam kegiatan upacara tersebut, selain pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945, juga disisipkan pembacaan ikrar santri dan menyanyikan Mars Hari Santri.  

Upacara peringatan Hari Santri 2022.

Suasana peringatan Hari Santri Nasional 2022 di MTsN 2 Kota Malang pun tampak meriah. Di mana untuk para guru, karyawan dan murid laki-laki mengenakan busana muslim, dengan sarung yang terikat di pinggang. Kemudian untuk guru, karyawan dan murid perempuan mengenakan kebaya. 

"Iya, itu (menunjukkan) santri nusantara, bermacam-macam. Itu untuk menumbuhkan semangat kebhinekaan anak-anak," kata Subhan. 

Kirab MTsN 2 Kota Malang.

Menurutnya, upacara di MTsN 2 Kota Malang merupakan kegiatan rutin yang telah digelar sejak diperbolehkannya pertemuan tatap muka di masing-masing satuan pendidikan. Kemudian, di tahun 2022 Subhan mengakui bahwa terdapat instruksi dari Kementerian Agama RI agar tiap-tiap madrasah menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022. 

"Ini kita gunakan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang prinsip-prinsip kebhinekaan, prinsip-prinsip toleransi, prinsip-prinsip anti kekerasan, anti bullying," terang Subhan. 

Kirab MTsN 2 Kota Malang.

Terlebih lagi, Subhan juga mengatakan bahwa MTsN 2 Kota Malang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama RI yang bekerjasama dengan Unicef sebagai sekolah percontohan untuk penanganan anti kekerasan atau bullying. MTsN 2 Kota Malang pun merupakan satu-satunya di Kota Malang, sedangkan di Kabupaten Malang ada MTsN 3 Malang di Kecamatan Lawang. 

Sementara itu, pihaknya berharap dengan digelarnya peringatan Hari Santri Nasional 2022 di MTsN 2 Kota Malang dapat menjadikan generasi muda yang cinta NKRI. 

"Ya agar anak-anak itu menjadi para siswa generasi muda yang nanti ke depan bisa menjadi generasi yang cinta negerinya, taat kepada Agamanya, toleransi kepada sesamanya. Itu yang penting," tandas Subhan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru