Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Atasi Kasus Gagal Ginjal Anak, Menkes Bakal Datangkan Obat Fomepizole dari Singapura

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Oct - 2022, 21:07

Ilustrasi gagal ginjal. (Foto: pinterest)
Ilustrasi gagal ginjal. (Foto: pinterest)

JATIMTIMES - Menteri Kesehatan (Menkes)  Budi Gunadi Sadikin berencana mendatangkan obat Fomepizole dari Singapura. Obat itu dihadirkan untuk mengatasi kasus gagal ginjal akut yang kini tengah menghantui anak usia 0-18 tahun tersebut.

Lalu apa itu Fomepizole?  Tak lain obat yang digunakan untuk mengobati keracunan metanol dan etilen glikol. Diduga gagal ginjal akut pada anak disebabkan oleh dua senyawa berbahaya, yakni etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Hanya, obat itu bakal didatangkan setelah Kemenkes menganalisis penyebab gagal ginjal akut diyakini toksin, bukan patogen. “Begitu kita tahu penyebabnya apa, toksinnya apa, kita mencari obatnya apa. Sudah ketemu, namanyaFomepizole.i Di Indonesia belum ada. Kita ambil dari Singapura," unhkap Budi, Jumat (21/10/2022).

Kemenkes  telah mencoba obat itu kepada 10 pasien yang menderita gagal ginial akut di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Hasilnya, kondisi anak-anak itu membaik dan menjadi lebih stabil.

“Sudah kita coba ke 10 pasien di RSCM. Jadi, 10 pasien RSCM ini ternyata membaik sebagian. Sebagian stabil,” tambah Budi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) juga telah melakukan uji sampling pada 39 batch dari 26 sirup obat. Didapati obat dengan kandungan etilen glikol dan dietilen glikol di luar ambang batas aman.

Totalnya ditemukan lima obat yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol. Kandungan etilen glikol dan dietilen glikol ini lah yang dicurigai sebagai penyebab gagal ginjal akut misterius di Indonesia.

Berikut lima obat sirup temuan BPOM RI terdapat kandungan tersebut, diantaranya:

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni