Malangtimes

Daftar Medsos Paling Banyak Diakses, 80 Persen Orang Alami Hal Negatif

Oct 19, 2022 16:29
Ilustrasi ragam media sosial (pixabay)
Ilustrasi ragam media sosial (pixabay)

JATIMTIMES - Media sosial telah banyak berkembang. Mulai dari Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, WhatsApp, TikTok dan yang lainnya. 

Dari sekian media sosial tersebut, YouTube merajai sebagai media sosial yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia.

Ini terungkap dari survei perusahaan riset digital Populix. Survei yang dilakukan pada Juni 2022 ini melibatkan 1.023 responden laki-laki maupun responden perempuan. 

Mayoritas responden terdiri dari anak muda belum menikah, sudah bekerja, dan berasal dari socio-economic status menengah ke atas. Dari jumlah responden itu, 94 persen responden lebih sering mengakses media sosial YouTube.

Sementara itu, posisi kedua disusul Instagram yang selisih satu poin dengan YouTube, yakni sebesar 93 persen yang mengaksesnya. Kemudian, media sosial selanjutnya yang banyak diakses posisi ketiga adalah TikTok sebesar 63 persen.

"Media sosial Facebook diakses 59 persen responden dan terakhir Twitter diakses 54 persen responden," sebut hasil survei yang dikutip (19/10/2022). 

Terdapat lima jenis konten yang paling banyak dicari di media sosial. Yakni, 22 persen responden mencari terkait konten hiburan, 14 persen mencari terkait konten musik, 12 persen mencari film, 12 persen responden mencari berita, 10 persen responden mencari kuliner dan lainnya.

Dijelaskan Chief Technology Officer Populix Jonathan Benhi menjelaskan, bahwa media sosial banyak diakses masyarakat untuk mengisi waktu luang, berbelanja atau sekedar untuk mencari informasi baru.

Rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial selama satu sampai empat jam setiap harinya. Selama mengakses media sosial tersebut, masyarakat kerap juga dihadapkan dengan pengalaman yang negatif.

Dari survei, 80 responden ternyata pernah mengalami hal yang tak menyenangkan atau negatif saat mengakses media sosial.  

Pengalaman negatif itu paling banyak adalah spam 52 persen, penipuan 31 persen, maintenance error 30 persen, hacking 26 persen, stalking 21 persen dan cyber bullying 16 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru