Malangtimes

Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Tawarkan Jalur Perkuat Timnas Basket

Oct 19, 2022 15:45
Konferensi pers Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament (foto: istimewa)
Konferensi pers Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Turnamen bola basket 3x3 bertajuk Livin Mandiri Indonesia Tournament menyapa Jawa Timur. Rencananya, turnamen bola basket usia 18-23 kategori putra dan putri itu terpusat di Surabaya dan Malang.

Khusus untuk Malang yang akan menjadi pelaksana dari city selection, digelar di Champions Tidar pada 21 Oktober nanti. Kemudian untuk City Selection Surabaya berlangsung pada 23 Oktober di Next Gen Sport Academy.

Sebanyak 64 tim terbaik dari dua city selection akan diadu kembali dalam balutan province final. Surabaya kembali mendapat kehormatan menggelar province final pada 29-30 Oktober 2022.

Usai dari Jawa Timur Series, perjalanan berlanjut ke National Series. Tiga tim terbaik dari masing-masing kategori di setiap provinsi berhak ke Jakarta untuk bersaing di National Series pada 26-27 November 2022.

Hadir dalam acara ini Direktur SSS International Azwan Karim, Ketua Umum Perbasi Jatim Ibu Grace Evi Ekawati, Ketua KONI Jatim M. Nabhil, VP Regional PT Bank Mandiri Tbk Jatim, dan Kadispora Jatim Pulung Chausar.

“Nilai plus dari ajang ini adalah, setiap pemain terdaftar di FIBA 3X3 Play. Jadi, melalui turnamen ini pebasket yang akan memilih jalur 3x3 tinggal melanjutkan saja. Ini sebagaimana misi di awal bahwa kami ingin membantu pengembangan basket 3x3 tanah air,” ujar Direktur SSS International, Azwan Karim.

Sejak bergulir seri DKI Jakarta pada 17 Maret 2022 lalu lanjut Azwan, turnamen ini secara keseluruhan sudah melibatkan lebih dari 700 tim dan hampir 3.000 peserta. Semua antusias memberikan kemampuan terbaiknya di setiap kesempatan.

“Alhamdulillah kami sudah siap untuk menyelenggarakan tahap akhir dari babak penyisihan provinsi (Province Finals), yaitu di Jawa Timur dan segera menuju ke babak grand final yang akan dilaksanakan bulan November. Sejauh ini kompetisi sangat berkualitas tinggi dan kami yakin turnamen di Jawa Timur akan menyajikan pertandingan-pertandingan yang tidak kalah menarik dari seri-seri sebelumnya,” ucap Sekjen PSSI era kepemimpinan La Nyala Mattalitti ini.

Tournament Project Director, Chaerul Anwar Azis menambahkan, pendaftaran mengikuti turnamen ini telah ditutup. Untuk pendaftaran City Selection Malang, baru akan ditutup Selasa (18/10) kemarin. Sementara untuk City Selection Surabaya, pendaftaran ditutup Rabu (19/10) hari ini.

“Tidak banyak turnamen yang konsentrasi di basket 3x3. Kami hadir untuk memberikan peluang para generasi muda agar bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional di masa depan. Alhamdulillah respons di Jawa Timur bagus dan semua antusias ikut turnamen ini. Ini bisa dilihat dari animo pendaftar sampai saat ini,” jelas Azis.

Kedepan lanjut Azis, pebasket 3x3 memiliki jalur sendiri dalam menentukan masa depannya. Dengan begitu, materi pemain basket 3x3 tidak bergantung pada basket 5x5.

“Ini bagian dari upaya SSS International dalam memperkaya bahan baku dari basket 3x3. Dengan banyak pebasket muda yang tercatat di bank data, akan memudahkan Perbasi dalam memilih pemain untuk Timnas Basket 3x3. Karena itu, saat National Series di Jakarta nanti akan dihadirkan talent scouting untuk melihat kemampuan para pemain,” jelas Azis.

National Series sendiri bisa dikatakan akan menjadi panggung pebasket muda untuk menembus timnas. Di level ini, tim terbaik dari seri sebelumnya diadu. Mulai dari Seri DKI Jakarta, Seri Jawa Barat, dan Seri DI Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru