Malangtimes

Nihil Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Dinkes Kota Batu Minta Orangtua Tak Panik Tetap Waspadai

Oct 19, 2022 14:28
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

 

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan Kota Batu meminta kepada para orang tua yang memiliki anak usia 0-18 untuk mewaspadai gejala gagal ginjal akut, karena meningkatnya kasus ini dalam dua bulan terakhir. Meski demikian di Kota Batu belum ada kasus tersebut.

“Kasus gagal ginjal akut misterius pada anak di Kota Batu masih nihil,” ucap Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Walaupun nihil kasus gagal ginjal akut pada anak, orangtua diminta mewaspadai jika anaknya mengalami beberapa gejala. Yakni demam atau gejala infeksi lain selama 14 hari.

Kemudian batuk, diare atau mual muntah. Tidak kencing dalam 6-8 jam atau warna kencing seperti teh. Didiagnosa gagal ginjal akut yang belum diketahui penyebabnya oleh dokter penanggung jawab. Dan tidak mengalami kelainan ginjal sebelumnya.

“Jika mendapati gejala di atas segera bawa anak ke Rumah Sakit yang ada Dokter Spesialis Anak,” tambah Susan, Rabu (19/10/2022).

Namun para orangtua pun juga bisa mengantisipasi dengan dilakukan pencegahan. Mulai dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Perhatikan tanda-tanda kewaspadaan dini gagal ginjal akut pada anak. Dan jangan beri sembarang obat saat anak sakit, serta konsultasikan kepada dokter.

Sedang, per tanggal 18 Oktober 2022 sebanyak 189 kasus telah dilaporkan, paling banyak didominasi usia 1-5 tahun. Sampai saat ini kasus gagal ginjal akut pada anak belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Sehingga pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tim dokter RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) membentuk satu tim yang bertugas untuk mengamati dan menyelidiki kasus gangguan ginjal akut pada anak. Dari data yang ada gejala yang muncul di awal adalah terkait infeksi saluran cerna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru