Malangtimes

Peringkat 134 Dunia, Koneksi Internet Kota Ini Menjadi yang Tercepat di Indonesia

Oct 19, 2022 08:24
Ilustrasi kecepatan internet (pixabay)
Ilustrasi kecepatan internet (pixabay)

JATIMTIMES - Platform pengujian kecepatan koneksi internet, Speedtest, menyediakan layanan pengujian dan pemeringkatan internet di berbagai kota besar maupun negara di dunia, termasuk juga Indonesia. Lantas adakah kota di Indonesia yang masuk sebagai kota dengan koneksi internet tercepat?

Diolah dari laman resmi Speedtest, kota besar yang masuk dalam daftar Speedtest Global Index, yakni dua kota terbesar dari masing-masing negara. Kota tersebut juga harus memiliki lebih dari 500 ribu penduduk dan cukup untuk dimasukkan ke dalam sampel.

Pemeringkatan kota-kota besar tersebut, berdasarkan kecepatan unduh alias download rata-rata berdasarkan data Speedtest. Data pengujian bukan hanya pada internet mobile saja, namun juga pada fixed broadband. Speedtest mengeluarkan hasil pemeringkatan pada periode September 2022.

Hasilnya, kota di Indonesia yang memiliki kecepatan internet tercepat pada kategori internet mobile adalah Bekasi. Bekasi berada pada peringkat 134 diantara 170 kota lainnya di dunia. Kecepatan internet di kota ini 16,47 Mbps. Kemudian, disusul Jakarta Selatan pada peringkat ke 136 dengan kecepatan 16,14 Mbps.

Sementara, pada kategori fixed broadband, Bekasi berada pada peringkat ke 136 di antara kita besar lainnya di dunia dengan kecepatan 27,04 Mbps dan Jakarta Selatan pada peringkat ke 137 di antara kita besar lainnya di dunia dengan kecepatan internet 27,00 Mbps. 

1

Pada peringkat 1 yang memiliki kecepatan internet tercepat adalah Shanghai, China. Internet di kota ini memiliki kecepatan mencapai 158,63 Mbps. Disusul Copenhagen, Denmark dengan kecepatan 157,54 Mbps; peringkat ketiga Oslo, Norway dengan kecepatan 155,19 Mbps; peringkat keempat Busan Korea Selatan dengan kecepatan 147,55 Mbps dan peringkat kelima Beijing, China dengan kecepatan internet mencapai 145,76 Mbps.

2

Pada kategori Fixed Broadband,  Beijing menduduki urutan pertama dengan kecepatan internet mencapai 238,86 Mbps; posisi kedua, ada Valparaiso. Chile dengan kecepatan internet 222,67 Mbps; Shanghai, China dengan kecepatan internet221,85 Mbps dan posisi kelima New York US dengan kecepatan internet 218,04 Mbps.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru