Malangtimes

Kolaborasi Riset Dosen - Mahasiswa Magang Unikama dengan UM Hasilkan Modul Pembelajaran Easy to Learn

Oct 18, 2022 18:20
Prodi Fisika Unikama sukses Kolaborasi Riset dengan UM (Ist)
Prodi Fisika Unikama sukses Kolaborasi Riset dengan UM (Ist)

JATIMTIMES - Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar kegiatan Kolaborasi Riset bersama Universitas Negeri Malang (UM). 

Dari kolaborasi ini, menghasilkan Modul IPA Berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) yang easy to learn.
Kolaborasi ini melibatkan mahasiswa magang dari dua Prodi di Unikama, yaitu Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi PGSD. 

Dosen yang terlibat dalam Program Hibah ini adalah Dr Sudi Dul Aji MSi Hestiningtyas Yuli Pratiwi MPd dan Arief Rahman Hakim MPd, serta melibatkan dosen pengampu media pembelajaran Unikama yakni Muhammad Nur Hudha MPd. Kemudian dari pihak UM, Dr Henry Praherdhiono, SSi MPd selaku Ketua Jurusan Prodi Teknologi Pembelajaran. 

1

Dr Sudi Dul Aji MSi, Ketua Tim Hibah Unikama menjelaskan,  kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan sebuah produk baru yang dapat menunjang pemahaman siswa SD dan SMP dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Ini juga merupakan fase penting bagi dosen dan khususnya untuk mahasiswa magang. Hadirnya FlipBook berjudul “Modul IPA Berbasis SDGs (Sustainable Development Goals)" ini, menjadi bukti bahwa mahasiswa mempunyai kompetensi dan mampu untuk mengimplementasikannya dengan baik.

"Makanya, ini menjadi bukti bahwa mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang dipelajarinya selama kuliah secara praktik," tuturnya.

Muhammad Nur Hudha, M.Pd menjelaskan, bahwa Modul Flipbook ini akan di uji coba secara langsung di dalam kelas. "Uji coba pada akhir Oktober ini di beberapa SD dan SMP di Kota Malang," jelasnya.

Dr Henry Praherdhiono, SSi MPd selaku Ketua Jurusan Teknologi Pendidikan UM menyambut baik kegiatan kolaborasi ini. Menurutnya, tujuan program ini sangatlah bagus. Sebab, di sini digali bagaimana akademisi dapat mengimplementasikan keilmuannya dan menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik tetapi juga easy to learn. 

"Ini juga menjadi tantangan bagi teman-teman mahasiswa magang dalam mengaplikasikan ilmunya. Namun dari sini mereka juga mendapatkan benefit yaitu dapat langsung melanjutkan penelitian. Sehingga mahasiswa bisa sambil mengerjakan produk untuk mendukung tugas akhir atau skripsinya kelak," pungkasnya.

Sementara itu, kegiatan dilaksanakan atas dasar Hibah Program Riset Keilmuan tahun 2022 (Hibah eRISPRO - LPDP) yang dilaksanakan bersama Prodi Teknologi Pembelajaran UM mulai dari bulan Juli hingga September 2022. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru