Malangtimes

Sidang Perdana, Richard Eliezer Tak Melakukan Eksepsi pada Dakwaan yang Dibacakan Hakim

Oct 18, 2022 17:35
Sidang perdana Richard Eliezer digelar pada Selasa (18/10/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (foto dari Internet)
Sidang perdana Richard Eliezer digelar pada Selasa (18/10/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (foto dari Internet)

JATIMTIMES - Setelah sidang perdana Ferdy Sambo yang dilakukan kemarin, Senin (17/10/2022), kini sidang perdana Richard Eliezer digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022).

Richard didakwa jadi eksekutor yang menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo. Eliezer Pudihang Lumia atau Bharada E tidak melakukan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan jaksa.

Tidak adanya eksepsi dari Richard E lantaran dakwaan yang dibacakan sudah cukup cermat dan sesuai dengan penjelasan Richard E. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kuasa Hukum Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy di persidangan.

"Kami putuskan untuk tidak mengajukan eksepsi," kata Ronny di PN Jaksel, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut Ronny meminta pada majelis hakim untuk menghadirkan saksi lain yang juga menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut.

"Kami mohon kepada Yang Mulia melalui JPU untuk hadirkan saksi bernama Ferdy Sambo, Putri Candarwathi, Kuat Maruf, dan Ricky Rizal sesuai asas peradilan cepat kami mohon waktunya tiga hari ke depan," ucap Ronny.

Richard Eliezer ditetapkan menjadi justice collaborator (JC) oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), yang mana Richard akan mengungkapkan semua kronologi pembunuhan Brigadir Josua.

Richard bersama dengan tersangka lainnya ditetapkan melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 56 ke-1 KUHP.

Sebagai informasi, Brigadir Josua tewas di rumah Dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7). 

Brigadir Josua tewas dengan beberapa luka tembakan, namun meski menerima tiga tembakan ditubuhnya, Brigadir Josua masih hidup dan merintih kesakitan. Namun, dengan keji kemudian Ferdy Sambo menembak Brigadir Josua yang sudah terkapar lemas di depan kamar mandi rumahnya, Ferdy Sambo melayangkan satu tembakan mengenai kepala belakang Brigadir Josua yang kemudian tewas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru