Malangtimes

Bertemu Presiden FIFA, Jokowi: Jadikan Ini sebagai Momentum Perbaikan Sistem Persepakbolaan

Oct 18, 2022 17:21
Konferensi pers Presiden Indonesia Jokowi dan Presiden FIFA Mr Gianni Infantino, Selasa (18/10/2022) di Istana Negara (sumber YouTube Sekretariat Presiden)
Konferensi pers Presiden Indonesia Jokowi dan Presiden FIFA Mr Gianni Infantino, Selasa (18/10/2022) di Istana Negara (sumber YouTube Sekretariat Presiden)

JATIMTIMES - Presiden Indonesia Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, pada Selasa (18/10/2022) di Istana Negara. 

Kedatangan Infantino tersebut, dalam rangka membahas transformasi sepakbola Indonesia. Termasuk membantu Indonesia untuk memperbaiki tata kelola sepakbola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang tersebut. 

Jokowi dalam keterangannya yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden menjelaskan bahwa pemerintah bersama FIFA akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia.

"Pemerintah bersama FIFA ingin memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan sesuai dengan standart yang ditetapkan," tegasnya. 

Pemerintah juga bersepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh. "Termasuk memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA. Baik penonton ataupun pemain harus terjamin keamanan dan keselamatannya," tutur Jokowi. 

Oleh karenanya, bersama FIFA, pemerintah bakal mengkaji kembali kelayakan stadion. "Kami juga akan menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," lanjut orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

Selain itu, Jokowi menegaskan pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan piala Dunia U20 FIFA di Indonesia bisa berjalan dengan baik. 

"Semua segi persiapan sampai pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik secara profesional," tandas Jokowi. 

Sementara itu, Presiden FIFA mengungkapkan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban dan menyatakan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi.

"Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepakbola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan menonton pertandingan sepakbola berujung duka dan malapetaka," terang Jokowi. 

Dari hasil pertemuan itu, Jokowi mengajak masyarakat agar kesepakatan dengan FIFA ini dijadikan sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia. "Tujuannya agar sistem persepakbolaan Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil lebih baik di masa yang akan datang," tutup Jokowi. 

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga mendapatkan vandel berwarna putih dan kuning yang bertuliskan 'President Gianni Infantino FIFA to His Excellency Joko Widodo President of the Republic Indonesia with respect'.

Selain itu, Jokowi juga mendapatkan hadiah dari Infantino berupa bola yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar pada November 2022. Serta hadiah jersey berwarna merah bertuliskan Jokowi dengan nomor punggung 1. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru