Malangtimes

Perut Kosong Saat Pagi Hari, Hindari 3 Minuman Ini

Oct 18, 2022 08:51
Ilustrasi minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan ketika diminum saat perut kosong di pagi hari (pixabay)
Ilustrasi minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan ketika diminum saat perut kosong di pagi hari (pixabay)

JATIMTIMES - Usai tidur, tubuh seseorang umumnya berada dalam kondisi dehidrasi. Hal tentu karena ketika tidur, seseorang tak minum selama 6 sampai 8 jam. Untuk itu, penting ketika pagi hari usai bangun tidur, mengkonsumsi minuman untuk mencegah dehidrasi.

Namun yang perlu diketahui, jika ternyata tak sembarang minuman yang dapat dikonsumsi, terlebih saat perut kosong. Bahkan, ternyata selama ini banyak orang salah kaprah dan mengira minuman ini sebagai pembuka untuk mengawali aktivitas.

Diolah dari Times of India, membeber 3 minuman terburuk untuk dikonsumsi pada pagi hari saat perut kosong.

1. Kopi atau teh

Minuman ini banyak dianggap orang menjadi minuman yang bagus untuk memulai aktivitas. Padahal sebetulnya tidak. Pakar kesehatan tidak menyarankan minuman ini untuk dikonsumsi saat perut kosong.

Kandungan kafein pada teh atau kopi, justru dapat menganggu sistem pencernaan seseorang. Ketika perut kosong dan seseorang minum kopi atau teh, maka, hal ini justru akan meningkatkan asam yang akhirnya menimbulkan rasa tak nyaman. Karena itu, ketika meminum kopi atau teh, disarankan untuk setidaknya mengkonsumsi sedikit makanan terlebih dulu.

2. Minuman manis

Minum manis ketika perut kosong, ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti teh manis atau jus kemasan tinggi gula misalnya. Terlalu banyak asupan gula, dapat memberatkan kinerja hati dan pankreas. Untuk itu, minuman manis ketika pagi hari saat perut kosong tidaklah disarankan. 

Hal ini memicu naiknya kada gula dalam waktu singkat. Efektif meskipun merasa berenergi, namun akan cepat merasa lemas setelahnya.

3. Jus Jeruk

Ketika pagi hari saat perut kosong, jangan minum jus jeruk seperti orange, grapefruit atau lainnya. Bukan tanpa alasan,  minuman ini berdampak buruk karena sifatnya memproduksi asam. 

Sehingga minuman ini dapat mengiritasi perut yang kosong. Terlebih pada orang yang telah memiliki masalah lambung, minuman ini tentu akan menyebabkan gangguan lambung. 

Sementara itu, diolah dari Healthline 3 minuman yang bagus dikonsumsi pada pagi hari. 

1. Air putih

Air putih tentu menjadi minuman yang paling sehat dibandingkan minuman apapun. Setidaknya, minum dua gelas air putih akan membantu mengeluarkan racun dan menghidrasi tubuh untuk meningkatkan metabolisme.
Selain air putih, pilihan lainnya adalah air kelapa dengan banyak kandungan menyehatkan, seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

2. Air jahe hangat

Jahe juga menjadi minuman yang bagus untuk dikonsumsi saat pagi hari. Secangkir jahe hangat dapat menyingkirkan mual, muntah ataupun diare.

3. Air kayu manis dan madu

Racikan air hangat, kayu manis dan madu, menjadi perpaduan yang bagus untuk diminum pada pagi hari. Sebab, minuman ini juga menjadi detoks atau menurunkan berat badan. Bahkan, minuman ini juga dapat meredakan  penyakit seperti flu, alergi ataupun kolesterol tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru