Malangtimes

259 Pebulutangkis dari 12 Negara Ikuti KB Financial Group Indonesia Masters 2022 di Kota Malang

Oct 17, 2022 19:46
Proses konferensi pers KB Financial Group Indonesia Masters 2022 di Harris Hotel, Malang, Senin (17/10/2022) (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Proses konferensi pers KB Financial Group Indonesia Masters 2022 di Harris Hotel, Malang, Senin (17/10/2022) (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kota Malang masih terus semarak dengan adanya turnamen bulutangkis bertajuk KB Financial Group Indonesia Masters 2022. Kejuaraan yang masuk dalam kalender Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) tersebut bakal berlangsung di Platinum Arena, 18-23 Oktober 2022.

Persaingan menuju podium juara di turnamen ini dipastikan akan lebih seru dan sengit dibanding kejuaraan pekan lalu. Memang komposisi pemain yang bertanding hampir mirip dengan tumamen lalu. Tetapi gereget dan atmosfer persaingan pemain pasti akan jauh lebih besar saat tampil di KB Financial Group Indonesia Masters 2022.

“Tumamen KB Financial Group Indonesia Masters 2022 ini adalah event di bawah naungan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Turnamen ini berada pada level 6 seri turnamen BWF World Tour Super 100, yang kedudukannya lebih tinggi dibanding ajang Mansions Sport Malang Indonesia International Challenge yang selesai digelar kemarin. Baik menyangkut jumlah prize money maupun poin rangking BWF yang disediakan, di turnamen ini jauh lebih besar,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Armand Darmadji, dalam acara konferensi pers di Hotel Harris, Malang, Senin (17/10/2022).

Dijelaskan Armand, turnamen ini menyediakan total prize money yang jauh lebih besar. Yaitu 81.000 dolar AS atau sekitar Rp 1.252.466.550. Sementara Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge lalu hanya 15.000 dolar AS atau sekitar Rp 231.938.250.

Untuk sang juara tunggal putra dan putri, masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar 6.075 dolar AS atau sekitar Rp 93.934.991.

Beberapa atlet dari Indonesia, Korea Selatan dan China saat berfoto bersama ketua panitia, PBSI Kota Malang dan perwakilan Disporapar Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Poin rangking BWF yang disediakan juga lebih besar dari turnamen Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge lalu. Bagi sang juara, akan mendapatkan 5.500 poin, sementara bagi kampiun turnamen pekan sebelumnya hanya 4.000.

“Melihat besarnya hadiah dan poin rangking BWF yang disediakan pada turnamen Indonesia Masters BWF World Tour Super 100 ini, bisa dipastikan persaingannya bakal meningkat. Pertandingan-pertandingannya pasti lebih seru, ketat, dan lebih menghibur pecinta bulutangkis di Malang,” tambah Armand.

Tumamen level BWF World Tour Super 100 ini diikuti 259 pemain dari 12 negara. Yaitu dari Amerika Serikat, Kanada, China, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Chinese Taipei, dan tuan rumah Indonesia.

Pemain tuan rumah seperti Ribka Sugiarto Lanny Tria Mayasari, Pramudya Kusumawardana, Rahmat Hidayat, Sabda Perkasa Belawa, Christian Adinata, hingga Putri Kusumawardani siap meramaikan kejuaraan. Mereka akan bersaing dengan Wen Hong Yang (China). Parupalli Kashyap (India), Son Wan Ho (Korea Selatan), Saena Kawakami (Jepang), hingga He Ji Ting/Zhao Hao Dong (China).

Menurut Armand, Kota Malang memiliki atmosfer olahraga yang demikian kental, kembali dipercaya PP PBSI sebagai kota penyelenggara turnamen bulutangkis bertajuk KB Financial Group Indonesia Masters 2022 ini. Turnamen level BWF World Tour Super 100 ini terakhir juga digelar di Malang tahun 2019.

Setelah tidak terselenggara pada 2020 dan 2021 akibat dampak pandemi covid-19 yang melanda dunia, tahun ini turnamen bisa kembali diselenggarakan di Bhumi Arema.

“Kota Malang kita pilih sebagai kota penyelenggara karena memiliki atmosfer olahraga yang demikian kental. Terima kasih kepada publik pecinta bulutangkis Malang yang pada turnamen sebelumnya sudah hadir menonton dan memberikan dukungan semangat kepada para pebulutangkis, terutama untuk pemain tuan rumah,” tambah Armand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru