Malangtimes

54 Persen Masyarakat Ternyata Susah Jaga Pola Makan Sehat 

Oct 17, 2022 17:15
Ilustrasi pola makan sehat (pixabay)
Ilustrasi pola makan sehat (pixabay)

JATIMTIMES - Sebuah riset menguak, jika 54 persen masyarakat Indonesia ternyata sulit menjaga konsistensi pola makan sehat. 

Hal ini terungkap dari sebuah survei berjudul "Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle" yang mengupas pola konsumsi dan perilaku diet di kalangan masyarakat Indonesia.

Survei tersebut dilakukan oleh Populix, sebuah perusahaan survei berbasis digital. Survei ini melibatkan 1000 responden, baik laki-laki maupun perempuan dengan usia mulai dari 18 tahun sampai 55 tahun. 

"Sebagian besar responden mengaku mereka sering menghadapi tantangan dalam menjaga komitmen untuk tetap konsisten melakukan pola makan sehat," kata Co-Founder dan COO Populix, Eileen Kamtawijoyo, dikutip dari Marketeers.

Menyikapi kesulitan dalam mengatur pola makan sehat itu, diatasi dengan berlangganan katering maupun dengan membeli makan dari sebuah merek yang menyediakan makanan sehat. Sedang 36 persen responden tetap memilih untuk memasak dan menyiapkan makanannya sendiri.

Meski begitu, 6 dari 10 orang di Indonesia kini berusaha memperhatikan kesehatan mereka melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Survei ini juga mendapati 46 persen masyarakat, utama laki-laki yang memiliki usia 36 tahun ke atas lebih memperhatikan pola makan sehat.

Kemudian, terdapat 11 responden, terutama responden kaum perempuan lebih memiliki niat untuk mengikuti program diet guna menjaga dan menurunkan berat badan agar ideal.

Terdapat juga 55 persen masyarakat mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat dan vitamin secara teratur. 4 dari 10 masyarakat juga meningkatkan asupan protein maupun dengan mengkonsumsi minuman sehat.

Makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan dan berkalori tinggi juga dihindari. Prosentase masyarakat ini sebesar 44 persen. 

Mereka yang mengkonsumsi makanan mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran terdapat 43 persen. 39 masyarakat juga membatasi diri dari makanan berminyak seperti gorengan. Selain itu, 53 persen masyarakat Indonesia mendukung pola diet dengan juga melakukan olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru