Malangtimes

BPJS Kesehatan Terus Optimalkan Layanan Tanpa Tatap Muka dengan Pandawa

Oct 17, 2022 13:11
Salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan Irsa Anggi Wibowo saat beraktivitas di tempat kerjanya. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang for JatimTIMES)
Salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan Irsa Anggi Wibowo saat beraktivitas di tempat kerjanya. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang terus mengoptimalkan layanan administrasi tanpa tatap muka bagi para peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya dengan menggunakan layanan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). 

Layanan Pandawa merupakan upaya strategis yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan kepada para peserta program JKN agar dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan administrasi.  

Banyak peserta program JKN yang mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan tersebut. Salah satunya Irsa Anggi Wibowo (24), seorang wanita karir di Kota Malang. 

"Saya tahu adanya Pandawa dari website BPJS Kesehatan. Terobosannya sangat bagus dan sangat mudah karena sudah ada petunjuknya dengan jelas," ujar Irsa. 

Selain itu, menurut Irsa, dirinya telah menggunakan layanan Pandawa untuk melakukan perubahan data, yakni terkait alamat tempat tinggal. "Prosesnya hanya dengan memasukkan data dan foto/file KK dan KTP, kemudian perubahannya langsung diproses oleh BPJS Kesehatan," terang Irsa. 

Irsa yang kesehariannya merupakan wanita karir sebagai pegawai di salah satu perguruan tinggi Kota Malang mengaku adanya inovasi layanan Pandawa dari BPJS Kesehatan sangat bermanfaat untuk dirinya maupun keluarganya. 

Hanya dengan mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp, Irsa bisa mendapatkan pelayanan administrasi seperti yang didapatkan apabila datang secara langsung ke Kantor BPJS Kesehatan. 

Terlebih lagi, saat ini pandemi covid-19 masih berlangsung di Indonesia. Sehingga sudah sewajarnya mengurangi kontak langsung dengan banyak orang.

"Selain itu, Pandawa ini sangat bermanfaat, karena semenjak pandemi covid-19 saya lebih suka pelayanan yang bisa didapatkan secara online daripada harus berpergian ke kantornya secara langsung," imbuh Irsa. 

Dirinya pun berharap, BPJS Kesehatan dapat meningkatkan pelayanan dalam aspek jaminan kesehatan kepada masyarakat. BPJS Kesehatan juga harus lebih gencar dalam memperkenalkan inovasi-inovasi untuk kemudahan peserta program JKN, terutama dalam pelayanan administrasi tanpa harus mengantre di Kantor BPJS Kesehatan.

"Saya berharap BPJS Kesehatan semakin bisa melayani kebutuhan masyarakat serta lebih gencar dalam memperkenalkan layanan online ini lebih luas ke masyarakat," tandas Irsa. 

Sementara itu, Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho mengungkapkan, pelayanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, penonaktifan peserta meninggal, perubahan data peserta, perbaikan data ganda, maupun pengaktifan kembali kepesertaan bisa dilakukan melalui Pandawa. 

"Peserta JKN yang membutuhkan pelayanan administrasi bisa mengirimkan pesan Whatsapp melalui Pandawa ke nomor 08118165165. Pelayanan administrasi melalui Pandawa tersebut bisa diakses oleh peserta setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-15.00 waktu setempat," pungkas Wenan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru