Malangtimes

Heru Budi Hartono Gantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Berikut Profilnya 

Oct 17, 2022 07:54
Pj Gubernur DKI Jakarta Terpilih Heru Budi Hartono (kiri) bersalaman dengan Anies Baswedan (kanan) (sumber Instagram Heru Budi Hartono)
Pj Gubernur DKI Jakarta Terpilih Heru Budi Hartono (kiri) bersalaman dengan Anies Baswedan (kanan) (sumber Instagram Heru Budi Hartono)

JATIMTIMES - Masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta telah usai pada Minggu (16/10/2022). 

Kemudian siapa sosok pengganti Gubernur DKI Jakarta? Padahal pemerintah tidak menyelenggarakan pemilihan kepala daerah sampai 2024 nanti. 

Oleh karenanya, Kemendagri mengirimkan 3 nama kandidat (Pj) gubernur sampai terpilihnya gubernur dan wakil gubernur definitif lewat Pilkada Serentak 2024. 

Ketiga nama yang dikirimkan ke Presiden Jokowi itu adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. 

"Dari hasil sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi pada Jumat (7/10/2022), Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono terpilih menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta," dikutip dari detiknews. 

Diketahui, Heru Budi Hartono adalah birokrat Indonesia yang menjabat sebagai Kepala Sekretariat Kepresidenan sejak 2017. Pria kelahiran Tapanuli Tengah itu pernah menduduki beberapa jabatan penting di lingkup DKI Jakarta. Berikut ini, riwayat jabatan Heru Budi Hartono. 

1. Staf Khusus Wali kota Jakarta Utara (1993)

2. Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara (1995)

3. Kasubag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara (1999)

4. Kasubag Sarana & Prasarana Kota Jakarta Utara (2002)

5. Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara (2007)

6. Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara (2008)

7. Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta (2013)

8. Wali kota Jakarta Utara [7] (2014)

9. Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta (2015)

10. Kepala Sekretariat Presiden RI (2017)

11. Pj. Gubernur DKI Jakarta selama 1 Tahun dan Dapat Diperpanjang (16 Oktober 2022 - 16 Oktober 2023)

Heru Budi Hartono sendiri bakal dilantik menjadi Pj Gubernur DKI pada Senin (17/10/2022). 

Sebelumnya, Anies Baswedan juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada Heru Budi Hartono. "Kami percaya bahwa bapak Presiden mengambil keputusan dengan mempertimbangkan seluruh faktor yang lengkap demi kebaikan bagi masyarakat Jakarta," ujar Anies, masih dikutip detiknews. L

Anies juga mengaku siap mendukung secara penuh untuk Heru Budi Hartono. "Selebihnya kita ikut dukung siapa pun yang bertugas, termasuk pak Heru untuk bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Apapun yang bisa kami lakukan di Jakarta, kami akan kerjakan," terang Anies. 

Pada Minggu (16/10/2022), Pemprov DKI Jakarta juga menggelar acara perpisahan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria di Balaikota. Keduanya resmi purnatugas dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru