Malangtimes

Hindari Terjerat Pinjol Ilegal, Cek Legalitasnya lewat Situs Ini 

Oct 16, 2022 19:33
Ilustrasi Pinjol (pixabay)
Ilustrasi Pinjol (pixabay)

JATIMTIMES- Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal, tak dipungkiri sampai saat ini masih merajalela. Mereka masih mencari mangsa dengan menawarkan iming-iming kemudahan dalam proses pencairan dana. Untuk itu, masyarakat yang mememg terdesak dan ingin melakukan pinjaman harus lebih berhati-hati memilih penyedia jasa Pinjol.

Untuk memilih Pinjol yang tepat, tentunya haruslah Pinjol yang telah mendapatkan izin resmi dari pihak terkait. Sehingga, dalam prosesnya Pinjol berizin tentunya akan sesuatu proses dan aturan yang berlaku. 

Ketua Umum Asosiasi Fintech (Aftech) Pandu Patria Sjahrir, menyampaikan, agar masyarakat terhindar dari Pinjol ilegal,  masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui sebuah situs cekfintechdotid yang didalamnya terdapat data-data penyelenggara Pinjol.

"Sebelum ajukan (pinjaman) periksa di cekfintechdotid, di sana ada daftar pinjol berizin," kata Pandu dalam konferensi pers beberapa waktu lalu dikutip dari Kompas (16/10/2022).

Melalui situs tersebut, masyarakat bisa mengecek apakah penyelenggara Pinjol yang menjadi tempat pengajuan pinjamannya benar-benar berizin atau tidak. Sehingga, dengan mengetahui hal tersebut, masyarakat bisa terhindar dari jeratan Pinjol ilegal yang menyengsarakan.

Cara mengecek pinjol legal atau ilegal melalui laman cekfintechdotid cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan nama pinjol yang ingin dicari di kolom Kata kunci dan klik tombol Cek Sekarang.

Kemudian hasilnya akan muncul, apabila pinjol yang dicari merupakan pinjol legal, maka halaman situs akan memunculkan nama perusahaan pinjol, nomor surat tanda berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan tanggal pinjol tersebut mendapatkan izin beroperasi dari OJK.

Selain itu, dalam situs tersebut juga dapat melakukan pengecekan rekening. Sehingga, masyarakat yang ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening yang baru dikenal, agar dapat menghindari modus penipuan bisa melakukan pengecekan di situs ini. 

Jika nomor rekening belum pernah dilaporkan melalui situs ini juga, maka akan muncul keterangan di situs tersebut  "Nomer Rekening Ini Belum Pernah Dilaporkan Terkait Tindak Penipuan Apapun!". Dan sebaliknya, Jiak nomor rekening pernah dilaporkan, maka akan muncul peringatan atau keterangan "Nomor rekening yang anda cari pernah dilaporkan dengan dugaan tindak penipuan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru