Malangtimes

Waspada RatMilad, Malware Pencuri Data yang Juga Jadi Spionase

Oct 16, 2022 18:08
Ilustrasi serangan Malware RatMilad (pixabay)
Ilustrasi serangan Malware RatMilad (pixabay)

JATIMTIMES - Para penguna smartphone, khususnya android harus semakin waspada. Sebab, perkembangan Malware berbahaya kini kian beragam dan dengan kemampuan yang lebih membahayakan. 

Baru-baru ini juga ditemukan Malware bernama RatMilad yang telah disusupkan pada sejumlah aplikasi palsu. RatMilad ini ditemukan oleh firm keamanan mobile Zimperium. Penyebaran aplikasi yang disusupi RatMilad itu tidak diunggah di toko aplikasi Play Store melainkan disebar melalui aplikasi perpesanan.

Dilaporkan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, melalui akun instagramnya, Sabtu (15/10/2022) bahwa para pegiat Siber harus waspada dengan beredarnya Malware RatMilad. 

Lebih lanjut, Malware ini memang digunakan untuk mencuri data dan menjadi spionase atau spyware dan mentargetkan perangkat seluler korban. Juga dapat merekam audio perangkat korban secara diam-diam.

"Malware di Android ini bisa mencuri data dan merekam audio. Sobat Siber, waspada dgn beredarnya malware 'RatMilad' yang disusupi pada sejumlah aplikasi palsu. 
Aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store/App Store," tulis dalam unggahannya. 

Saat diinstal, aplikasi yang disisipi Malware ini, meminta izin untuk mengakses aplikasi beberapa perizinan untuk akses data bahkan mengakses audio yang digunakannya untuk melakukan perekaman. 

Setelah berhasil menginstalkan aplikasi, Malware tersebut akan mulai bekerja dengan bersembunyi di balik koneksi VPN dan mulai mencari beberapa data penting seperti, informasi perangkat dasar mulai dari merek, model, buildid, versi android.

Kemudian akan mengakses alamat MAC perangkat, kemudian daftar kontak, SMS, log panggilan, daftar dan izin aplikasi yang diinstal, data lokasi GPS, informasi SIM (nomor,  negara, IMEI dan lainnya). Kemudian, daftar dan isi file.  

Mirip dengan spyware lainnya, data yang dicuri digunakan pelaku atau operator untuk mengakses sistem perusahaan, memeras korban, dan lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru