Malangtimes

Ternyata Tak Hanya Manusia, Hewan Ini Juga Penyuka Alkohol 

Oct 16, 2022 15:50
Hamster yang ternyata juga meminum alkohol (pixabay)
Hamster yang ternyata juga meminum alkohol (pixabay)

JATIMTIMES - Ternyata tak hanya manusia yang mengonsumsi minuman beralkohol. Ada juga hewan yang ternyata juga mengonsumsi alkohol dan bahkan bisa dikatakan pemabuk berat. Hewan ini adalah hewan yang menggemaskan yakni Hamster.

Pada tahun 1960, peneliti dari Chile yang melaporkan bahwa untuk tikus tahan pada alkohol harus melalui rekayasa genetik. Tikus dapat dibuat minum alkohol dengan memberi mereka campuran gula dan etanol sampai mereka menyukai yang terakhir.

Tetapi, hamster tak perlu melakukan rekayasa apapun untuk tahan terhadap minuman beralkohol. Danielle Gulick, seorang peneliti kecanduan di University of Florida pun turut mengomentari hal tersebut. Ia juga seolah membenarkan jika hamster memang menyukai alkohol

“Anda bisa mengambil hamster langsung dari toko hewan peliharaan dan memberinya alkohol biji-bijian. Mereka akan dengan senang hati meminumnya,” katanya dikutip dari theatlantic

Seorang psikolog di University of Alaska Anchorage Gwen Lupfer, juga menggambarkan betapa kuatnya hamster untuk mabuk. "Anda cukup meletakkan sebotol Everclear tanpa pemanis di kandang dan mereka menyukainya," kata Lupfer.

Kemudian pada 1962, terdapat riset di Finlandia yang menemukan fakta, bahwa memang hamster lebih suka meminum alkohol dibandingkan air mineral biasa. Ini terbukti dari riset yang mendapati jika hamster dipenangkaran 88 persen mendapatkan asupan cairan dari alkohol.

Konsultan perawatan kritis di Bradford Institute for Health Research Tom Lawton, juga mengungkap fakta unik hewan pemabuk itu. Hamster sangat menyukai alkohol, sehingga mereka pun minim 15 persen etanol dibandingkan dengan air.

"Saya menemukan bahwa tidak semua orang tahu kapasitas luar biasa hamster untuk alkohol," tulis Lawton pada akun Twitternya.

Bahkan, menurut Lawton, seekor hamster dapat menenggak alkohol dengan volume 20 gram per kilogram dari berat tubuhnya. Bahkan dari perbandingan, hal itu setara dengan orang yang mampu menenggak 21 botol minuman keras setiap harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru