Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Persiapan Akreditasi Internasional, Pascasarjana UIN Malang Workshop Kurikulum Prodi Magister MPI

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

16 - Oct - 2022, 15:27

Kegiatan workshop kurikulum Prodi Magister MPI Pascasarjana UIN Malang (Ist)
Kegiatan workshop kurikulum Prodi Magister MPI Pascasarjana UIN Malang (Ist)

JATIMTIMES - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN Maliki) Malang terus bersiap dalam upaya akreditasi internasional guna mewujudkan visi besar kampus menjadi kampus unggul bereputasi internasional. Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan Workshop Kurikulum Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI). 

Prodi Magister MPI, menjadi satu-satunya prodi di bawah Pascasarjana UIN Maliki Malang yang akan dilibatkan dalam akreditasi internasional bersama 8 prodi lain yang dilakukan oleh Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berpusat di Jerman. 

Rangkaian kegiatan persiapan mengikuti akreditasi FIBAA dibina dan dikoordinir oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Direktur Pascasarjana Prof Dr H Wahidmurni MPd dalam sambutannya menyampaikan, review kurikulum menjadi sebuah hal yang penting. Sebab proses-proses yang akan dikerjakan, akan sangat membatu proses akreditasi yang sedang dikerjakan untuk prodi lainnya. 

Terlebih, saat ini Pascasarjana juga sedang berupaya untuk meningkatkan grade akareditasi unggul untuk semua program studi, yang selaras dengan kampus unggul dan bereputasi internasional. "Kedepan tentu berharap, untuk semakin banyak program studi di Pascasarjana yang diakreditasi Internasional," paparnya. 

Dalam review, berfokus pada review dan menelaah  
profil lulusan prodi Magister MPI serta startegi mencapai profil lulusan tersebut melalui Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), baik CPL prodi maupun capaian pembelajaran pada masing-masing mata kuliah yang disebut Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

Selain itu, juga dilakukan review dokumen rencana pembelajaran semester setiap mata kuliah yang ada di Prodi Magister MPI. 

Dalam review kurikulum itu, dihadirkan narasumber dari Universitas Negeri Malang, Dr Mustiningsih MPd yang merupakan Kaprodi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, yang mana Prodinya telah terakreditasi Internasional yang secara otomatis juga berpredikat akreditasi unggul. 

Narasumber juga memaparkan terkait proses mengikuti kegiatan akreditasi international, mulai dari persiapan, penulisan dokumen, persiapan visitasi hingga penyusunan laporan. Gambaran umum proses akreditasi internasional juga dijelaskan oleh Ani Wilujeng Suryani, yang merupakan Koordinator Akreditasi Internasional Univesitas Negeri Malang.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus