Malangtimes

Mengenang Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Harry Potter yang Meninggal Dunia 

Oct 15, 2022 16:07
Robbie Coltrane meninggal dunia pada Jumat (14/10/2022) (sumber Instagram @connectgujarat)
Robbie Coltrane meninggal dunia pada Jumat (14/10/2022) (sumber Instagram @connectgujarat)

JATIMTIMES - Aktor dan Sutradara, Robbie Coltrane meninggal dunia pada Jumat (14/10/2022) di usia 72 tahun. Kabar itu juga sudah dikonfirmasi oleh agennya, Belinda Wright. Ia menyebutkan Robbie meninggal di rumah sakit kawasan Falkirk, Skotlandia. 

Dikutip dari imdb.com, Robbie Coltrane adalah salah satu komedian paling populer di Inggris. Ia bahkan menjadi ketua masyarakat debat saat berada di sekolah. Melalui karyanya, Robbie kerap meraih penghargaan dalam berbagai ajang bergengsi. Yang paling populer, Robbie membintangi dua film terkenal, seperti James Bond dan Harry Potter. 

Robbie lahir dengan nama lengkap Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Rutherglen, pinggiran kota Glasgow, Skotlandia, Inggris. 

Ibunya, Jean Ross (Howie), adalah seorang guru dan pianis. Ayahnya, Ian Baxter McMillan, adalah seorang ahli bedah umum yang juga bekerja untuk patologi polisi. 

Robbie muda menyukai seni, musik, film, dan mobil. Dia adalah seorang pembaca rakus buku-buku ayahnya tentang obat-obatan dan kejahatan. 

Pada usia 12 tahun, Robbie membuat debut aktingnya di atas panggung di Glenalmond College. 

Kecintaan terhadap seni sudah nampak sejak Robbie memilih sekolah di Glasgow School of Art. Dengan mengambil jurusan menggambar, melukis dan film. Disinilah Robie kerap tampil open mic sebagai komedian hingga akhirnya mendapatkan nama panggung Coltrane. Kemudian Robbie juga belajar seni di Edinburgh's Moray House College of Education selama setahun. 

Pada tahun 1973 ia membuat film dokumenter berjudul "Young Mental Health", yang terpilih sebagai Film Of The Year oleh Dewan Pendidikan Skotlandia.

Nama panggung Coltrane, dipilih Robbie karena kecintaannya pada jazz, dan memulai karir sebagai stand-up comedian di klub malam, di Edinburgh Festival. Serta menjadi aktor dengan Traverse Theatre yang terkenal di Edinburgh.

Pada tahun 1980 Coltrane melakukan debutnya di televisi sebagai "Border Guard" dalam mini-seri BBC The Lost Tribe (1980). Kemudian Ia juga debut layar lebarnya sebagai pengemudi limusin di La mort en direct (1980). Pada tahun 1981 ia muncul dalam peran utama pertamanya sebagai Detektif Fritz Langley di Subway Riders (1981), oleh sutradara underground terkenal Amos Poe .

Dia menjadi terkenal melalui penampilan di serial The Comic Strip, kemudian di film Alfresco (1983) dan Comic Strip The Supergrass (1985) dan The Pope Must Die (1991).

Saat itu Coltrane memiliki masalah minum, yang harus menenggak sebotol wiski sehari. Pada tahun 1986 ia terbang ke sebuah klinik di Meksiko dan dirawat karena obesitas.

Pada tahun 1987 pasangannya selama 15 tahun, Robin Paine, meninggalkannya untuk selamanya. 

Pada tahun 1988 Coltrane bertemu Rhona Gemmell yang saat itu berusia 18 tahun di sebuah pub. Mereka menikah dan memiliki seorang putra, Spencer, dan seorang putri, Alice. Karirnya mulai moncer pada awal 1990-an dengan peran utama sebagai Dr. Eddie "Fitz" Fitzgerald, seorang psikolog forensik, dalam serial TV populer Cracker (1993).

Dia membuat penampilan yang bagus seperti Valentin Zukovsky, seorang pria KGB yang menjadi penguasa mafia St. Petersburg, di GoldenEye (1995). Para produser pun memanggilnya kembali untuk karakter yang sama di The World Is Not Enough (1999). 

Kemudian Coltrane dipilih secara pribadi oleh JK Rowling (penulis Harry Potter) untuk memerankan Rubeus Hagrid setengah raksasa dalam film 'Harry Potter'.

Pada awal 1990-an Coltrane menulis sebuah otobiografi, "Coltrane in a Cadillac", dan juga membintangi serial TV eponymous, Coltrane in a Cadillac (1993). 

Dengan penuh humor, Robbie juga kerap menceritakan kisahnya bersama mobil antiknya yang melakukan perjalanan 4000 mil melintasi Amerika dari Los Angeles ke New York. 

Pada tahun 2003 Robbie berpisah dengan istrinya. Selain akting, Robbie juga memiliki hobi membaca buku, membangun kembali, dan mengoleksi mobil antik. Hingga dikabarkan meninggal dunia, Robbie Coltrane tinggal di rumah pertanian yang diubah di Stirlingshire, Skotlandia, Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru