Malangtimes

MAN Kota Batu Terima dan Berangkatkan Siswa-siswi ke Yaman, Dalami Ilmu Alquran

Oct 14, 2022 20:40
Siswa-siswi MAN Kota Batu yang baru saja menempuh pendidikan di Tarim, Yaman (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Siswa-siswi MAN Kota Batu yang baru saja menempuh pendidikan di Tarim, Yaman (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H tahun 2022 dengan menggelar pengajian bersama Kemenag Kota Batu. Dalam kegiatan tersebut juga ada prosesi penerimaan dan pemberangkatan siswa yang baru dan akan menempuh pendidikan di Yaman.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW digelar secara sederhana oleh Kemenag yang dipusatkan di Aula MAN Kota Batu, Jum'at (14/10/2022). Namun mendalami makna maulid nabi terus didengungkan kepada audiens yang berisi seluruh ASN Kemenag Kota Batu.

Dalam kegiatan itu, juga diisi ceramah dari KH Syamsu Madyan. Audiens juga sangat mencermati setiap ucapan demi ucapan yang dikeluarkan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengusung tema "Menumbuhkan semangat beragama yang moderat dalam menebarkan islam sebagai rahmat bagi seluruh alam".

Kepala MAN Kota Batu, Farhadi bangga karena muridnya telah berhasil menempuh pendidikan di Tarim, Yaman selama satu tahun. Disitu, dia menerima dua siswi yang baru datang di Indonesia dua hari lalu.

“Selamat datang anak-anakku yang telah menempuh ilmu tahfidz di Tarim, Yaman. Alhamdulillah ini termasuk program unggulan dari MAN Kota Batu, yaitu tahfidz,” kata Farhadi kepada JatimTIMES, Jum'at (14/10/2022).

Siswa-siswi MAN Kota Batu yang akan berangkat ke Tarim, Yaman (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Dijelaskan Farhadi, siswa yang berhak mengikuti program sekolah ini adalah yang telah berhasil menyelesaikan 30 juz dalam Al-Quran. “Yang ke Tarim ini adalah yang telah menyelesaikan 30 juz, baru mereka bisa memperdalam di Yaman,” ujar Farhadi.

Farhadi pun berharap program ini bisa berkembang, agar ilmu Al-Quran dapat membawa dampak yang baik terutama akhlak siswa MAN Kota Batu. Terlebih, dengan terus adanya siswa-siswi MAN Kota Batu yang mempelajari dan mendalami ilmu Al-Quran.

“Ini tahun kedua (ada pemberangkatan murid ke Yaman). Jadi ini memang kerjasama dengan Yaman, bentuknya yang tadi jika selesai 30 juz, mereka dengan biaya mandiri, melanjutkan pendidikan kesana,” beber Farhadi.

Sebagai informasi, siswi yang baru saja menempuh pendidikan di Tarim, Yaman adalah Ama Alfiatul Khusna (XII-MIPA-3) dan Tsabita Azmi Labilah (X-Agama-2). Sementara siswa yang akan berangkat ke Yaman adalah M Afif Faizal Reza (X-MIPA-5) dan Ahmad Rayhan Azzaky (X-Agama-2).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru