Malangtimes

Polisi Ungkap Alasan Tetap Menahan Rizky Billar Meski Sudah Berdamai dengan Lesti Kejora

Oct 14, 2022 11:11
Tak langsung bebas, Rizky Billar harus melewati prosedur polisi untuk bebas dari tahanan meski telah berdamai dan dicabut laporan KDRT oleh Lesti Kejora (foto: internet)
Tak langsung bebas, Rizky Billar harus melewati prosedur polisi untuk bebas dari tahanan meski telah berdamai dan dicabut laporan KDRT oleh Lesti Kejora (foto: internet)

JATIMTIMES - Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Rizky Billar dan Lesti Kejora akhirnya berdamai. Lesti pun mencabut laporannya.

Namun, meski sudah berdamai dan Lesti sudah mencabut laporannya, pihak kepolisian tetap menahan Rizky Billar.

Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi mengatakan bahwa pihaknya memang sudah menerbitkan surat penahanan terhadap Rizky Billar setelah ditetapkan menjadi tersangka.

Akp Nurma Dewi

Meski laporanya sudah dicabut, namun Rizky Billar harus menunggu surat penahanan polisi dicabut, baru Billar bisa dibebaskan.

"Mekanisme kerja ini kita harus jalani punya proses misal ini harus memang pencabutan dari laporan polisi, ada namanya mediasi restorative justice," ujar Nurma saat dikonfirmasi, Jumat (14/10/2022).

Pihak kepolisian saat ini sedang mengedepankan Restorative Justice (RJ) dan harus menunggu surat penahanan dicabut, bukan hanya laporan Lesti saja.

"RJ kita kedepankan di sini tapi kita sudah menerbitkan surat perintah penahanan yang harus dicabut dari pihak kita bukan dari pihak beliau saja," sambungnya.

Nurma juga mengatakan meski telah berdamai dengan pihak Lesti, Billar harus tetap mematuhi aturan dari kepolisian

"Iya kita punya sistem, kita punya aturan kalau tiba langsung oh selesai oh cabut pulang ya gak begitu juga," ucap Nurma.

Nurma sekali lagi menegaskan pihaknya saat ini tengah mengedepankan RJ untuk keadilan kedua belah pihak.

"Ini kita bisa lakukan RJ setelah ini lakukan RJ. RJ mengedepankan keadilan judulnya kedua belah pihak," tutup Nurma.

Rizky Billar ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani proses pemeriksaan yang panjang. Ia datang diperiksa penyidik hari Rabu (12/10/2022) sejak pukul 11.00 WIB.

Rizky Billar diperiksa dengan pengajuan 38 pertanyaan, sehingga dihasilkan putusan Billar menjadi tersangka kasus KDRT Lesti Kejora.

Kemudian pada Kamis (13/10/2022) Billar secara resmi ditahan. Setelah penahanan Rizky Billar, tak lama kemudian Lesti sang istri menyusulnya dan mencabut laporannya. Keduanya kini dikabarkan sudah berdamai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru