Malangtimes

Tim PKM Unikama Dorong Pengembangan Kecakapan Hidup SDM Panti Asuhan Melalui Entrepreneurship

Oct 14, 2022 09:20
Kegiatan pengembangan kecakapan hidup melalui kewirausahaan di Panti Asuhan Baitur Rohmah Al-Amanah, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang oleh Tim PKM Unikama (Ist)
Kegiatan pengembangan kecakapan hidup melalui kewirausahaan di Panti Asuhan Baitur Rohmah Al-Amanah, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang oleh Tim PKM Unikama (Ist)

JATIMTIMES – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) yang diketuai Dr Rahaju SPd MPd, terus berkontribusi dalam pemberdayaan maupun pengabdian terhadap masyarakat. 

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan pengembangan kecakapan hidup melalui kewirausahaan di Panti Asuhan Baitur Rohmah Al-Amanah, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu ini, juga bersinergi dan melibatkan Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Dengan misi sebagai pusat pelatihan keterampilan berbasis kewirausahaan (entrepreneur), anak-anak binaan panti asuhan ini didorong untuk lebih berdaya dengan memberikan pembekalan keterampilan memproduksi pizza dan kue kering. Dalam kegiatan PKM ini melibatkan anak asuh memiliki minat dan sedang menempuh pendidikan pada jenjang SMP dan SMA.

1

Namun dalam proses pembinaan, tim PKM menemui beberapa permasalahan, di antaranya adalah mereka belum memahami dan dapat menghitung modal usaha dan menentukan harga jual yang layak. 

Oleh karena itu, pengetahuan, keterampilan, dan softskill anak asuh perlu ditingkatkan dalam hal manajemen keuangan, sehingga dapat berwirausaha secara mandiri,” tutur Udik Yudiono SE MPd selaku anggota tim yang memberikan materi Manajemen Keuangan.

Pembinaan berlanjut dengan materi branding oleh Dr Rahaju SPd MPd dan  Dr Tatik Retno Murniasih SSi MPd. Dijelaskan dua pemateri tersebut, bahwa sebuah brand menjadi sebuah hal yang penting. Sebab, brand merupakan identitas suatu produk yang membedakan antara produk yang satu dengan yang lain.

"Konsumen cenderung memilih produk dengan merek tertentu. Dengan kata lain, merek merupakan jaminan kualitas suatu produk serta dapat digunakan sebagai alat promosi untuk memperluas pemasaran," tegasnya.

1

Materi branding berlanjut dengan pendesainan branding. Materi ini disampaikan oleh Esa Patridina SS MA yang merupakan anggota tim dan dosen dari Prodi Pendidikan Sejarah Unesa.

Sementara itu, Nur Khafidhotul Ilmiyah pendamping anak asuh mengharapkan, dengan materi keterampilan yang diberikan, mendorong dan memotivasi anak-anak memiliki kemandirian ekonomi serta menjadi pelopor pemberdayaan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru