Malangtimes

Waspada, 190 Lebih Aplikasi di Toko Aplikasi Ditemukan Terinfeksi Trojan Harly

Oct 13, 2022 18:51
Ilustrasi aplikasi terinfeksi Trojan (pixabay)
Ilustrasi aplikasi terinfeksi Trojan (pixabay)

JATIMTIMES - Buat kalian yang gemar download bermacam-macam aplikasi di Playstore, harus hati-hati. Pasalnya, kini telah ditemukan aplikasi berisikan Trojan berbahaya di Playstore. 

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipisiber) Bareskrim Polri menginformasikan hal tersebut melalui akun Instagram resminya dikutip (13/10/2022).

Seperti diketahui, Trojan merupakan perangkat lunak berbahaya yang bisa melakukan penyamaran untuk melakukan pencurian data ataupun menyerang sebuah sistem untuk merusak.

Dijelaskan, terdapat lebih dari 190 aplikasi berbahaya yang terdeteksi berisikan Trojan Harly yang berbahaya. Temuan tersebut ditemukan baru-baru ini. 

"Waspada! Aplikasi Berisikan Trojan Berbahaya Beredar di Play Store! Beberapa aplikasi berisikan trojan berbahaya dilaporkan terdapat pada Play Store baru-baru ini," tulisnya dalam caption postingannya.

Trojan tersebut dapat membuat pengguna melakukan aktivasi langganan berbayar otomatis hingga mencuri data pribadi. 190 aplikasi yang terinfeksi Harly itu telah ditemukan sejak tahun 2020.

Bahkan, tampaknya selama ini banyak yang menjadi korban. Sebab, menurut data, jumlah unduhan aplikasi-aplikasi tersebut, totalnya mencapai lebih dari 4 juta unduhan.

Trojan Harly meniru aplikasi resmi. Penipu mengunduh aplikasi seperti biasanya dari Playstore. Kemudian, penipu tersebut memasukkan sebuah kode berbahaya dalam aplikasi dan kembali mengunggahnya di toko aplikasi.
Namun, bukan dengan nama yang sama, melainkan dengan nama yang lain.

"Sama seperti Trojan Jocker, Trojan Harly meniru aplikasi resmi," info akun @CCICPolri dalam grafisnya.

Aplikasi tersebut mencantumkan diskripsi sesuai dengan aplikasi yang asli. Hal ini agar membuat para pengguna tidak menaruh curiga terhadap aplikasi tersebut. Setelah aplikasi didownload dan kemudian terpasang, maka aplikasi akan bekerja untuk menguras uang dari aktivitasi pelanggan berbayar secara otomatis. Selain itu, pelaku juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mencuri data.

Sementara itu, beberapa aplikasi yang terinfeksi Trojan Harly diantaranya adalah Color Call, Screen Translate, Mondy Game Box, Simple Address Book,  Green Address Book dan Nice Call.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru