Malangtimes

Para Akademisi Dikumpulkan di PIT HAGI ke-47, Berikan Kontribusi Geofisika untuk Internasional

Oct 12, 2022 11:10
Co Chairman PIT HAGI 2022 Oddy Pranidhana saat ditemui di sela-sela acara P7T HAGI 2022 yang digelar di Harris Hotel and Convention Malang, Selasa (11/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Co Chairman PIT HAGI 2022 Oddy Pranidhana saat ditemui di sela-sela acara P7T HAGI 2022 yang digelar di Harris Hotel and Convention Malang, Selasa (11/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Para akademisi, tenaga profesional maupun mahasiswa yang konsen dengan keilmuan Geofisika berkumpul dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) ke-47 di Harris Hotel and Convention Malang.

Co Chairman PIT HAGI ke-47 Oddy Pranidhana mengatakan, bahwa PIT HAGI memang selalu digelar tiap tahun. Untuk dua tahun terakhir digelar secara online dan membuat akses terbatas, namun pada tahun 2022 ini PIT HAGI digelar secara offline atau tatap muka. 

Oddy menuturkan, bahwa tujuan utama digelarnya PUT HAGI ini untuk menggalang pihak-pihak akademisi, tenaga profesional serta mahasiswa yang memiliki konsen keilmuan yang sama terkait Geofisika untuk berkontribusi dalam bentuk scientific paper atau poster. 

Setelah itu, para akademisi, tenaga profesional dan mahasiswa yang turut serta dalam PIT HAGI ke-47 dapat memberikan sumbangsih keilmuan berupa penulisan ilmiah yang nantinya akan dipresentasikan secara teknikal maupun oral. 

"Presentasi itu pun, nantinya kalau sudah selesai, karya ilmiah itu bisa dirilis untuk international standardnya. Artinya Kita bisa menawarkan kepada peserta ketika penulisan ilmiahnya ingin dipublish di internasional, dan itu bisa kita tawarkan," ujar Oddy. 

Pertamina Hulu Energi.

Sehingga, ketika karya penulisan ilmiah dari para akademisi, tenaga profesional maupun mahasiswa tayang di dunia internasional akan menjadi sesuatu kebanggaan untuk PIT HAGI sebagai penyelenggara maupun peserta. 

"Diselingi dari acara utama tadi, kita punya diskusi panel di mana mengundang stakeholder keilmuan geofisika seperti dirjen dan juga dari Kementerian ESDM dan juga SKK Migas, selaku stakeholders keilmuan kebumian di Indonesia juga," jelas Oddy. 

Pihaknya menjelaskan, acara PIT HAGI ke-47 ini digelar mulai tanggal 10 sampai 13 Oktober 2022. Di mana dalam rangkaian acara, selain diskusi panel juga digelar pameran dari 24 tenant yang memiliki latar belakang terkait keilmuan geofisika. 

Di antaranya PT Pertamina Hulu Energi, SKK Migas, Norsar, SmartSolo, Schlumberger, Halliburton, Roadshill, Geomative, PT Geo Service, Shearwater, Petro China, elnusa, Antam serta perwakilan dari beberapa kampus yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lain-lain. 

UGM.

Oddy mengatakan, bahwa dalam pameran di PIT HAGI ke-47 ini menurutnya merupakan salah satu kegiatan terbesar yang pernah dibuat. Pasalnya, selama mengadakan PIT HAGI, untuk pameran atau exhibition hanya disediakan untuk segelintir saja. 

"Tetapi sekarang kita buka dua hall ballroom Harris untuk akomodir teman-teman di exhibition. Dalam exhibition ini juga menampilkan teknologi-teknologi terbaru dari para services migas di Indonesia," tandas Oddy. 

Sebagai informasi, dalam gelaran PIT HAGI ke-47 nama-nama besar nantinya juga turut hadir. Di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno yang hadir melalui video conference. 

Kemudian dalam daftar jadwal diskusi panel turut menjadi keynote speech Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, disertai Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang HM Sanusi, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru