Malangtimes

Dorong Peningkatan Kualitas, Unikama Helat Workshop Penulisan Naskah Artikel Jurnal Ilmiah Berstandar Internasional

Oct 12, 2022 06:24
Workshop Penulisan Naskah Artikel Jurnal Ilmiah Berstandar Internasional dan Kolaborasi Riset Luar Negeri (Ist)
Workshop Penulisan Naskah Artikel Jurnal Ilmiah Berstandar Internasional dan Kolaborasi Riset Luar Negeri (Ist)

JATIMTIMES – Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar kegiatan Workshop Penulisan Naskah Artikel Jurnal Ilmiah Berstandar Internasional dan Kolaborasi Riset Luar Negeri. Kegiatan prestisius ini dilaksanakan di Ruang Abdoel Radjab Unikama beberapa waktu lalu.

Imam Ariffudin, M.Pd selaku Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Unikama mewakili Ketua Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Unikama menjelaskan, bahwa Jumat (30/08/2022) lalu, Unikama telah mendapatkan hibah bantuan pengelolaan dari Kemendikbud. 

"Semoga dari perihal tersebut, kolaborasi antara DPPM Unikama, Jurnal Ilmiah Momentum, dan penulis jurnal ilmiah yang tergabung bisa mendorong trend positif untuk meningkatkan kualitas jurnal serta bisa Go Internasional." tuturnya. 

1

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi Penulisan Artikel Ilmiah / Pengelolaan jurnal bereputasi dari sisi substansi artikel oleh Dr Parmin MPd yang merupakan Editor-in-Chief Jurnal Scopus Q2 JPII UNNES. Dalam materi tersebut beliau menjelaskan bagaimana sebuah jurnal ilmiah dapat di terbitkan sesuai dengan ketentuan. 

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel adalah kualitas dari substansi artikel yang ditulis.

Terdapat tiga kiat agar artikel berkualitas. Pertama adalah melihat topik yang ditulis sudah umum atau belum. Kedua, perlunya referensi yang kuat mengenai topik yang akan ditulis dan konsistensi analisis selama penulisan.

 "Ketiga, buatlah hasil penelitian anda semenarik mungkin. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah sitasi dari peneliti terdahulu." jelasnya. 

Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan, langkah-langkah yang dapat di ambil agar jurnal yang ditulis mengikuti standar internasional. Di antaranya adalah menganalisa topik dalam skala internasional, melihat kualitas jurnal internasional, konsistensi dalam penulisan, hingga kejelasan isi jurnal yang akan ditulis.

Materi terakhir dilanjutkan oleh Erfan Rohadi ST MEng PhD selaku Kepala Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Malang. Dalam penyampaiannya, membahas mengenai kerja sama penelitian dengan penulis dari negara lain.

"Perlu diingat bahwa setiap penulis ataupun jurnal di luar negeri itu memiliki karakter yang berbeda," pungkasnya.

Sementara itu, workshop tersebut dihadiri oleh 35 peserta dari Universitas di Kota Malang dan Luar Kota. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penulisan jurnal ilmiah berstandar internasional serta meningkatkan kolaborasi penelitian berskala internasional. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru