Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dua Hari Sembunyi, Ular yang Meresahkan Warga Karangploso Akhirnya Dievakuasi

Penulis : Ashaq Lupito - Editor :

11 - Oct - 2022, 02:06

Ular yang berhasil dievakuasi petugas Damkar Kabupaten Malang setelah bersembunyi selama dua hari di salah satu rumah warga di Karangploso. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Ular yang berhasil dievakuasi petugas Damkar Kabupaten Malang setelah bersembunyi selama dua hari di salah satu rumah warga di Karangploso. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Dua hari setelah dilaporkan ada ular menyelinap masuk ke dalam salah satu rumah warga yang berlokasi di Perum Tirtasari blok C7, Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang akhirnya berhasil dievakuasi, Selasa (11/10/2022).

"Setelah dua hari di cari, akhirnya ular yang masuk ke rumah warga berhasil kami evakuasi. Kemarin dilaporkan, hari ini baru ketemu ularnya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, Goly Karyanto saat dikonfirmasi, Selasa (11/10/2022).

Pihaknya menambahkan, ular yang sempat meneror rumah warga tersebut, diketahui merupakan jenis ular kayu atau koros. "Saat di evakuasi, ularnya sedang bersembunyi di sela-sela lemari," kata Goly.

Diperoleh keterangan, laporan adanya ular yang masuk ke rumah warga tersebut dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang pada Senin (10/10/2022) sore.

"Kemarin kami menerjunkan tiga personel ke lokasi kejadian. Namun setelah berkoordinasi dengan pemilik rumah dan melakukan pencarian, proses evakuasi masih belum membuahkan hasil," ungkap Goly.

Guna mengantisipasi kemungkinan yang tidak diharapkan, petugas Damkar Kabupaten Malang sempat memberi arahan kepada pemilik rumah untuk melakukan lokalisir jika sewaktu-waktu ular keluar dari persembunyiannya.

Esok harinya, yakni pada Selasa (11/10/2022) pagi sekitar pukul 11.15 WIB, petugas Damkar Kabupaten Malang kembali mendapat laporan jika ular yang sempat dicari oleh petugas akhirnya ditemukan.

"Ular koros memang tidak berbisa, tapi kalau digigit biasanya akan ada efek gatal. Selain itu, ular ini juga terbilang agresif, sehingga tiga personel yang kami kerahkan tadi membawa peralatan lengkap saat mengevakuasi ular," ujarnya.

Terakhir, Goly mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan. Sebab, saat memasuki musim penghujan biasanya ular akan mencari tempat persembunyian baru. Tidak menutup kemungkinan rumah pemukiman penduduk akan dijadikan sarang bagi ular.

"Ular biasanya tidak suka aroma menyengat, maka gunakan pembersih lantai yang beraroma pekat. Selain itu bisanya ular masuk ke rumah warga karena ada makanannya, seperti tikus dan sebagainya. Oleh karena itu perlu menjaga kebersihan," tukasnya.


Topik

Peristiwa


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor