Malangtimes

2 Bintang Hollywood Ini Ternyata Mengidap Insomnia Akut hingga Meninggal Dunia

Oct 10, 2022 10:16
Ilustrasi insomnia (sumber foto kliniktulangbelakang.com)
Ilustrasi insomnia (sumber foto kliniktulangbelakang.com)

JATIMTIMES - Insomnia adalah keadaan di mana tubuh tidak mampu mencukupi kebutuhan tidur. Baik dipengaruhi karena kualitas tidur yang buruk maupun waktu lamanya tidur. 

Karena insomnia, tubuh seseorang akan merasa kelelahan dan mudah terserang penyakit. Bukan hanya bisa dirasakan oleh masyarakat awam, insomnia juga kerap diderita oleh para selebriti. Meskipun jadwalnya dan kesibukan padat tak lantas membuat para seleb itu bisa tidur dengan nyenyak. 

Dikutip dari laman detikhealth, berikut ini adalah beberapa contoh selebriti dunia yang menderita insomnia akut hingga meninggal dunia.  

1. Michael Jackson 

Penyanyi yang kerap dijuluki 'King of Pop' ini ternyata mengidap insomnia akut. Bahkan Michael Jackson meninggal akibat overdosis propofol, obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi keluhan insomnia kronis. 

Bukan karena overdosis itu, Michael Jackson juga meninggal karena minum 2 merem benzodiazepin sekaligus secara bersamaan dengan propofol. Sehingga membuat Michael Jackson terkena serangan jantung hingga meninggal dunia. 

2. Marilyn Monroe 

Aktris yang dikenal sebagai simbol seks pada tahun 60-an itu juga dikenal mengidap insomnia. Ia juga minum resep dokter berupa pil tidur agar bisa tidur nyenyak. Karena terlalu banyak mengonsumsi obat itu, Marilyn Monroe meninggal akibat overdosis. 

Dari beberapa selebritis dunia itu, bisa disimpulkan bahwa menderita Insomnia bisa sangat berbahaya dan menyebabkan meninggal dunia. Oleh karenanya perlu mengetahu penyebab dan pencegahan agar tidak sampai terjadi insomnia. 

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, terdapat tiga jenis insomnia. Diantaranya, tidak dapat mulai tidur, bangun tidur terlalu cepat dan tidak dapat tidur kembali. 

Untuk mengetahui pencegahan insomnia, terlebih dahulu harus mengetahui faktor penyebabnya. 

1. Stres

2. Depresi

3. Kelainan kronis seperti tidur apnea, diabetes, sakit ginjal, hingga arthritis.

4. Pola makan yang buruk

5. Konsumsi kafein

Setelah mengetahui faktor penyebab, maka berikut ini dijelaskan cara mencegah insomnia. 

1. Disiplin dalam menerapkan perilaku hidup sehat. Seperti memperbaiki pola makan dan rutin olahraga atau beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari. 

2. Hindari menggunakan smartphone dan mengonsumsi kafein sesaat sebelum memasuki jam tidur.

3. Jika mengalami gejala insomnia lebih parah, seperti terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali atau tidak merasa ngantuk sama sekali. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru