Malangtimes

Awas Kecurian Data, Router Ternyata Dapat Disusupi Malware 

Oct 09, 2022 20:15
Ilustrasi router yang dapat diserang Malware (pixabay)
Ilustrasi router yang dapat diserang Malware (pixabay)

JATIMTIMES - Router,  merupakan jembatan internet dan jaringan untuk perangkat komputer atau gawai milik pengguna. Namun siapa sangka, jika Malware juga bisa menyerang router.

Terungkap dari Kaspersky dan Twitter Direktorat Tindak Pidan Siber Bareskrim Polri, salah satu kasus yang paling umum adalah ketika router terinfeksi Malware, maka akan diarahkan ke Botnet. 

Pada kasus ini, banyak sekali serangan atau permintaan ke situs web atau layanan online tertentu sebagai bagian dari serangan DDoS.

"Karena hal tersebut, internet pengguna akan menjadi lambat akibat penggunaan router yang dimanfaatkan pelaku," tulis Informasi dalam Twitter @CCICPolri.

Lebih lanjut diinformasikan, ketika router terinfeksi, juga terdapat potensi kerugian lainnya. Pencurian data seperti pembayaran di marketplace, kredensial di jejaring sosial, serta dokumen penting yang terdapat pada email dapat berpotensi dicuri pada router yang terinfeksi Malware.

Penyerangan melalui router sendiri terdapat dua alasan. Sebab, semua lalu lintas jaringan melalui perangkat ini. Selain itu, perangkat ini juga tidak dapat mengunakan antivirus biasa. 

Pada laman Kaspersky, juga dijelaskan terdapat dua cara menanam Malware pada router. Yakni dengan menebak kata sandi admin dan mengeksploitasi kerentanan pada perangkat.

Namun terdapat beberapa cara untuk menjaga router dari serangan Malware. 

1. Periksa situs produsen untuk memperbarui firmware router. Segera install jika telah tersedia update.
2. Buat kata sandi yang panjang, rumit dan kuat. Agar tak lupa kata sandi, maka gunakan pengelola kata sandi.
3. Konfigurasi WiFi dengan benar. Gunakan password WiFi dengan unik, gunakan standar enkripsi nirkabel yang kuat, serta selalu cek jaringan tamu.
4. Gunakan aplikasi VPN yang mengenkripsi semua informasi keluar sebelum meneruskannya ke router.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru