Malangtimes

Wali Kota Batu Ikut Berkontribusi, Ubah Kali Tulus Bakal Jadi Sungai Tematik

Oct 09, 2022 17:32
Warga gotong royong membersihkan Kali Tulus Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Minggu (9/10/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga gotong royong membersihkan Kali Tulus Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Minggu (9/10/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Komitmen pencinta lingkungan untuk menjaga kelestarian sumber air terus digalakkan di Kota Batu. Lewat kegiatan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli), di Kali Tulus Kelurahan Temas, Kecamatan Batu bakal disulap jadi sungai tematik.

Untuk memulainya puluhan warga juga ikut melakukan kerja bakti yang dimulai dengan pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai, rumput, daun, hingga semak belukar. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko juga ikut turun di Kali Tulus, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Minggu (9/10/2022).

Dewanti mengatakan, dengan mengubah kali menjadi sungai tematik sebagai upaya yang dilakukan oleh masyarakat dapat menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Karena itu agar secepatnya bisa diwujudkan.

“Jadikan sungai ini (Kali Tulus) sebagai kebanggaan warga Temas dan masyarakat Kota Batu. Ketika sungai bersih, tertata, maka lingkungan akan nyaman,” ucap Dewanti.

Kerja bakti membersihkan kali tersebut, juga sebagai upaya Kelurahan Temas untuk menjaga lingkungan sekitar juga sumber mata air di sana. Lurah Temas, Adi Santoso menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

“Kami menyiapkan tim yang akan mempersiapkan sungai ini menjadi sungai tematik, ada gambaran untuk biopori dan budidaya ikan,” ungkap Adi.

Nantinya area Kali Tulus akan dijadikan sebagai lokasi atraksi seni budaya dan kearifan lokal kelurahan temas sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan.

Sementara itu, kegiatan kerja bakti ini dilanjutkan dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur dalam memperingati hari jadi Kota Batu ke-21 dan Hari Ulang Tahun Sabers Pungli ke-5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru