Malangtimes

5 Amalan yang Dianjurkan dalam Peringatan Maulid Nabi

Oct 08, 2022 08:30
Ilustrasi lafadz Muhammad (sumber Nu.or.id)
Ilustrasi lafadz Muhammad (sumber Nu.or.id)

JATIMTIMES - Peringatan Maulid Nabi tahun 2022 ini jatuh pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Kata maulid atau milad diambil dari bahasa Arab yang berarti hari lahir. Sehingga peringatan Maulid Nabi artinya, tradisi perayaan hari lahir Nabi Muhammad. 

Dimana perayaan hari lahir Nabi Muhammad itu diperingati setiap 12 Rabiul Awal. 

Agar mendapatkan berkah dari perayaan hari lahir Nabi Muhammad, banyak sekali ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada malam. Mengutip laman nu.or.id Berikut ini 5 amalan yang bisa dilaksanakan mulai dari malam 11 Rabiul Awal hingga malam 12 Rabiul Awal. 

 

1. Membaca Al Quran 

Selain momen perayaan hari lahir Nabi Muhammad, membaca Al Quran memang menjadi ibadah dengan pahala dan keberkahan yang sangat besar. Apalagi jika dilaksanakan pada Maulid Nabi dengan melantunkan ayat-ayat yang berkenaan dengan hadirnya Nabi Muhammad sebagai penerang umat di bumi ini. 

Selain mendapatkan pahala berlipat, membaca Al Quran juga dinilai bisa mengangkat derajat hidup manusia serta mendapat ketenangan di dalam hatinya. Seperti dalam firman Allah dalam surat QA Al Hijr.

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya." (QS. AL Hijr ayat [15]:9) 

 

2. Perbanyak Baca Shalawat Nabi 

Amalan Maulid Nabi yang dianjurkan selanjutnya adalah melantunkan shalawat nabi. Dengan harapan mendapatkan berkah dan syafaat Nabi Muhammad SAW. 

Membaca shalawat juga dimaksudkan untuk mendoakan dan memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan. 

Di Indonesia, pembacaan shalawat nabi biasanya bisa dilakukan dengan mengikuti acara dibaan, barzanji hingga pengajian yang membahas kisah hidup Nabi Muhammad. 

 

3. Meneladani sikap dan sifat Rasulullah SAW 

Jika manusia mampu meneladani sikap serta sifat Rasullah SAW, maka pahala dari Allah SWT akan terus mengalir. Bahkan di akhirat kelak akan ditempatkan tempat terbaik di sisi-Nya. 

Selain jaminan pahala dari Allah, meneladani sikap dan sifat Rasulullah SAW juga akan membawa manusia dengan kehidupan yang lebih baik. 

 

4. Bersedekah 

Bukan hanya saat hari Maulid Nabi, bersedekah di hari-hari biasa saja pahalanya melimpah. Apalagi bersedekah dalam rangka perayaan hari lahir Nabi Muhammad akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Biasanya di tradisi Jawa, tiap memasuki tanggal 6 Rabiul Awal, masyarakat membagikan buah-buahan dengan arak-arakan. Sedangkan pada 12 Rabiul Awal menggelar acara takiran yakni selamatan dengan memberikan hidangan makanan ke warga sekitar. 

 

5. Puasa Sunnah 

Puasa Senin Kamis atau yang berarti puasa yang dilaksanakan setiap Senin dan Kamis ini adalah ibadah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. 

Memperbanyak amalan ini bukan hanya akan mendapatkan pahala berlimpah, namun juga baik dampaknya untuk kesehatan. 

Dalam shahih Muslim dari hadits Abu Qatadah RA bahwa Rasullah SAW pernah ditanya tentang puasa Senin, kemudian beliau menjawab bahwasannya Senin adalah hari lahir Nabi Muhammad dan hari beliau diutus atau diturunkannya Al Quran kepada Nabi. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru