Malangtimes

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Dampak KDRT terhadap Kesehatan Mental Perempuan

Oct 08, 2022 08:15
KDRT bukan hanya membuat luka secara fisik namun juga mental pada korbannya. Bahkan, KDRT bisa menjadi penyakit yang berkepanjangan bagi wanita (foto: Pixabay)
KDRT bukan hanya membuat luka secara fisik namun juga mental pada korbannya. Bahkan, KDRT bisa menjadi penyakit yang berkepanjangan bagi wanita (foto: Pixabay)

JATIMTIMES - Beberapa waktu ini KDRT tengah ramai menjadi perbincangan publik. Banyak rumah tangga yang hancur karena adanya KDRT ini.

Di Indonesia KDRT menjadi urutan pertama dalam kasus kekerasan pada perempuan. Bahkan kasus KDRT semakin bertambah dari tahun ke tahun.

KDRT sering dialami oleh para wanita, dan pelakunya adalah suami atau laki-laki. KDRT sendiri tak hanya menyisakan luka fisik, namun juga menyisakan luka mental pada korbannya.

Bahkan, akibat KDRT yang dialami, ada beberapa perempuan yang harus meregang nyawa.

Separah itu kah? Lantas apa dampak KDRT pada kesehatan perempuan? Penasaran? Berikut 4 dampak KDRT bagi kesehatan perempuan.

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

1

Luka atau trauma yang disebabkan oleh KDRT akan mengakibatkan seseorang mengidap PTSD. PTSD itu sendiri dapat terjadi pada seseorang yang mengalami trauma dari pengalaman yang mengejutkan atau menakutkan seperti serangan seksual atau kekerasan fisik seperti KDRT.

Depresi

2

Depresi merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan dengan senang hati.

Anxiety Disorder

3

Anxiety disorder merupakan salah satu penyakit mental yang disebabkan oleh KDRT. Anxiety bisa berupa kecemasan umum tentang segala hal, atau bisa juga serangan tiba-tiba dari rasa takut yang hebat.

Substance Abuse

4

Substance abuse adalah istilah untuk penyalahgunaan zat dan obat-obatan. Banyak wanita dengan pengalaman kekerasan menggunakan obat-obatan sebagai cara mereka untuk coping stress.

Nah itu dia 4 dampak kesehatan KDRT pada perempuan. Semoga kasus KDRT di Indonesia segera menurun dari tahun ke tahun, dan semoga semua pelaku KDRT diberi kesadaran untuk tidak melakukan hal yang sama secara berulang-ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru