Malangtimes

Waspada, Begini Cara Setan Sesatkan Manusia

Oct 07, 2022 15:19
Ilustrasi setan sesatkan manusia (pixabay)
Ilustrasi setan sesatkan manusia (pixabay)

JATIMTIMES - Setan, dengan berbagai cara terus berusaha menyesatkan manusia. Cara setan menyesatkan manusia pun sangat licin. Namun, banyak mereka yang tak menyadari jika tengah disesatkan oleh setan. 

"Ia (Iblis) berkata, "Tuhanku, oleh karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi, dan aku akan menyesatkan mereka semuanya. Kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih di antara mereka. Dia (Allah) berfirman, "Ini adalah jalan yang lurus (menuju) kepada-Ku". Sesungguhnya kamu (Iblis) tidak kuasa atas hamba-hambaKu, kecuali mereka yang mengikutimu, yaitu orang yang sesat." (QS Al Hijr: 39-42). 

Meski disesatkan, namun manusia masih senang berteman dengan setan. Lantas, mengapa demikian?. Hal ini tentu karena cara setan menyesatkan manusia sangatlah cerdik. Lalu bagaimana cara setan menyesatkan manusia dengan mudah?.

Diolah dari Islam Pos, setan menyesatkan manusia melalui pintu yang disukai jiwanya. Dengan masuk melalui pintu yang disukai jiwa manusia, maka setan bisa dengan mudah menyesatkan manusia. Setan mendapatkan sebuah hal yang menolong hawa nafsu dan penopang hasrat yang kemudian menyesatkan manusia, melanggar hal-hal yang menjadi larangan Allah SWT.

Setan bertanya kepadanya (hawa nafsu), tentang apa yang disukai dan diinginkannya. Setelah mengetahui, setan akan meminta tolong kepadanya untuk menjerumuskan manusia  dan akan masuk dari pintu tersebut.

Ibnul Qayyim menjelaskan, "Ini merupakan pintu yang paling besar bagi setan untuk menjerumuskan manusia. Setan memasuki diri manusia melalui saluran ini. Ia berjalan di dalam diri manusia melalui aliran darah, sehingga dapat mempengaruhi nafsunya".

Kemudian, cara setan lainnya adalah dengan mempengaruhi manusia melalui kalangan manusia. Setan juga memberikan instruksi kepada bala tentara setan dan dari kalangan manusia yang telah tersesat, untuk menyesatkan manusia lainnya.

Mereka juga diajarkan untuk masuk mengajak manusia lainnya melalui hal yang sama, yakni melalui pintu yang disukai jiwanya. Mereka menggoda dan mengajak ke arah hal yang menyesatkan.

Sedang diolah dari Mawdoo3, beberapa cara setan yang harus diwaspadai untuk menyesatkan manusia melalui cara-cara berikut: 

1. Tazyin, setan mengkamuflasekan sesuatu hal perkara dengan seolah hal yang baik. Misalnya, seperti kondisi malam yang dingin, kemudian mendengarkan azan memasuki waktu salat, setan pun berkata agar manusia tersebut tetap santai di tempat tidur. 

2. Talbis, atau menipu. Setan menyesatkan manusia dengan cara ini. Contohnya, seseorang ingin mendapatkan pinjaman berbasis bunga dari bank untuk membeli rumah atau keperluan lainnya, namun di luar kemampuannya untuk dapat memenuhi kewajibannya.

3. Taswif, setan turut berupaya menghasut orang lain agar menunda untuk bertobat.

4. Tahwin, meremehkan orang lain, termasuk juga meremehkan dosa kecil. Setan mempengaruhi manusia untuk meremehkan berbagai hal.

5. At-Taiys, upaya setan dengan membuat manusia gampang putus asa. Mempengaruhi, contohnya dengan menyatakan jika dosa manusia tak akan diampuni Allah, sehingga membuat manusia putus asa.

6. Setan hadir pada diri manusi yang marah. Mereka datang menyesatkan pikiran yang waras, sehingga melakukan perbuatan yang dibenci Allah.

7. Setan mempengaruhi manusi dengan ketakutan. Takut untuk kehilangan harta, takut miskin. Sehingga mereka menjerumuskan manusia untuk mencari harta haram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru