Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Potret Doa Bersama Bonek untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Lazuardi Firdaus

06 - Oct - 2022, 08:57

Tangkapan layar doa bersama yang digelar warga Surabaya untuk mendoakan korban Arema (sumber TikTok @sapawargasby)
Tangkapan layar doa bersama yang digelar warga Surabaya untuk mendoakan korban Arema (sumber TikTok @sapawargasby)

JATIMTIMES - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022), menyisakan duka mendalam bagi seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali bagi suporter rival Arema, Bonek sebagai suporter Persebaya Surabaya. 

Mereka juga terus menerus menggelar doa bersama sebagai penghormatan dan belasungkawa atas tragedi yang menewaskan ratusan orang tersebut. Itu terlihat dari unggahan TikTok @sapawargasby. 

Dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa pejabat penting hadir. Mulai dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Pelatih Persebaya Aji Santoso hingga seluruh pemain Persebaya yang hadir dalam doa bersama di Taman Surya, Surabaya. Mereka para pemain dan pejabat senada mengenakan baju berwana putih. 

Tak hanya itu, ribuan suporter Bonek juga nampak hadir mengikuti gelaran doa bersama untuk korban Arema itu. Tampak di video ribuan lilin dinyalakan para suporter yang mengelilingi tanda duka cita berisikan bunga. 

"Sedikit potret khidmat dan syahdunya doa bersama mengenang korban insiden Stadion Kanjuruhan pada Selasa (4/10) #Surabaya," keterangan video yang disematkan akun @sapawargasby. 

Terlihat juga beberapa potret suporter yang membentangkan syal Arema bersama syal Persebaya dan syal Indonesia. Pun bendera Indonesia juga nampak dikibar-kibarkan oleh para suporter yang mengikuti doa bersama. 

"Kepada bonek-boneknita, hari ini kita bersumpah, hari ini kita berjanji, bahwa ini adalah kejadian yang terakhir. Kita harus menjaga kota Surabaya ini, menjaga Persebaya tetap ada di dalam hati dan jiwa kita," terang Wali Kota Surabaya dalam video tersebut. 

Video ditutup dengan para anak-anak yang khusuk berdoa di depan lilin-lilin yang menyala. 

Sontak video itu mengundang perhatian warganet. Mereka meminta agar tragedi ini menandai damainya antara suporter Arema dengan Persebaya. 

"Dalam keadaan sedih karena melihat begitu berdukanya aremania. Tapi begitu bahagia melihat semua ini, karena perdamaian akan segera terwujud," @idolamu. 

"Kita semua saudara, stop rivalitas budayakan solidaritas," @blackpanther. 

"Respect, terima kasih warga Surabaya, bonek mania," @brandedlok. 

"Inilah yang akan menjadi awal perdamaian antara bonek dan arema," ungkap @Riss'a. 

Diketahui, telah terjadi tragedi Kanjuruhan usai Arema FC kalah melawan Persebaya pada Sabtu malam (1/10/2022). Bukan hanya dampak kerusakan, peristiwa itu juga menghilangkan ratusan nyawa. 

Sebagai bentuk penghormatan atas kejadian yang menimpa tim Singo Edan, para Bonek juga membatalkan konvoi merayakan kemenangan tim yang dikenal dengan buaya hijau tersebut, pada Minggu (2/10/2022) malam.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Lazuardi Firdaus